Peristiwa

PLN dan BUMN Lepas 1.000 Pemudik Bali dengan 29 Armada Bus Gratis

 Selasa, 18 April 2023 | Dibaca: 296 Pengunjung

Wawali Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa dan I Wayan Udayana, GM PT PLN (Persero) UID Bali, melepas peserta program Mudik Gratis Bersama BUMN bertema 'Mudik Dinanti Mudik di Hati', Selasa (18/4/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, antusiasme masyarakat sangat tampak dalam mengikuti mudik gratis dari PT PLN (Persero) dalam program Mudik Gratis Bersama BUMN bertema 'Mudik Dinanti Mudik di Hati', Selasa (18/4/2023).

PT PLN (Persero) mengambil titik start di Terminal Ubung dan melepas 29 armada bus dengan mencapai 1.000 pemudik. Diketahui apabila program mudik bersama BUMN dimaksud sebagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan PLN Peduli.

Diungkapkan oleh Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa yang ikut dalam memimpin pelepasan pemudik. Ia menyampaikan dukungannya mengenai pelaksanaan mudik gratis bersama.

"Maka atas nama Pemerintah Kota Denpasar, kami mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan mudik ini karena program mudik ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Ditegaskan Arya Wibawa, program mudik gratis bertujuan mengurangi kemacetan, mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas (Lakalantas), dan jaminan peserta mudik untuk selamat sampai tujuan.

"Kegiatan mudik gratis digelar PLN, dengan memanfaatkan aplikasi PLN Mobile, sekaligus memudahkan pendaftaran para calon pemudik yang dibuka secara daring sejak 29 Maret 2023 hingga 13 April 2023," tegasnya.

Sedangkan daerah tujuan mudik bersama BUMN ini telah dilakukan serentak di beberapa kota di tanah air. Sejak 18 April 2023, beberapa kota yang menyelenggarakan mudik gratis ini, yaitu Makasar, Bali, Jawa Timur, Jawa tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Makassar.

Sementara itu, I Wayan Udayana, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali menerangkan apabila PLN selalu menekankan prinsip-prinsip/Environment, Social, and/Governance (ESG) di dalam kegiatan bisnisnya. Hal ini pula diwujudkan dalam kegiatan mudik bersama tahun ini.

“Penyelenggaraan Mudik Bersama ini pun kami upayakan agar berjalan nyaman, lancar, dan yang terpenting zero accident, serta yang tak kalah penting adalah tetap ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi akibat berkurangnya penggunaan moda transportasi pribadi,” terangnya.

Kemudian mengenai jumlah pemudik keseluruhan mencapai 10.000 orang se-Jawa, Bali, dan Makassar. Dari jumlah membludak tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat untuk pulang kampung dan melepas rindu bertemu keluarganya.

“Khusus di Bali sendiri total pemudik sebanyak 1.000 orang dengan menggunakan 29 armada bus yang diberangkatkan ke beberapa tujuan antara lain Banyuwangi, Jember, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, dan Jakarta,” bebernya.

Udayana menambahkan atas apresiasi dan antusiasme masyarakat, karena hanya berselang 3 hari sejak diumumkan kegiatan mudik bersama BUMN ini langsung diserbu peminat. Ia pun mengajak pemudik untuk bersama-sama berdoa atas kegiatan ini dapat dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya.

“Kami berharap pemudik dapat tiba di tempat tujuan dengan selamat dalam keadaan sehat dan bisa bertemu dengan keluarga di sana dengan bahagia,” harapnya.

Raju sebagai salah satu pemudik tujuan Tegal, merasa bahagia karena dapat mengikuti program mudik gratis dari PLN. Dia mendapatkan informasi mudik gratis dari temannya, lalu mengikuti prosedur di PLN Mobile.

"Saya coba ikuti pendaftarannya yang ternyata sangat mudah, bahkan terus didampingi sampai keberangkatan," tuturnya, sembari berharap di tahun-tahun berikutnya mudik gratis tetap diadakan. 012​​​​​


TAGS :