Lingkungan

Pertamina FT Sanggaran Peduli Lingkungan dan Sampah, Luncurkan Program Banjar Biopori Karang Suwung

 Senin, 27 November 2023 | Dibaca: 863 Pengunjung

Program Banjar Biopori Karang Suwung. Wujud kepedulian lingkungan, Banjar Karang Suwung, Densel, kelola sampah berbasis sumber dan mengelola sampah organik melalui Biopori, Senin (27/11/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Program Banjar Biopori Karang Suwung, resmi dilakukan launching bertempat di Bale Banjar Pedungan, Denpasar Selatan.

Menariknya, program ini sebagai langkah atas program 'Bottom Up' dari aspirasi masyarakat Banjar Karang Suwung, Kelurahan Pedungan. Guna mengelola sampah organik di rumah tangga, mekanisme Biopori adalah salah satu alternatif yang dipilih masyarakat.

"Biopori telah dan akan terpasang pada kurang lebih 65 warga masyarakat banjar Karang Suwung dengan jumlah 135 unit. Masing-masing rumah memperoleh 2 unit biopori," kata Adhi Sadewo Broto dalam sambutannya, Senin (27/11/2023).

Sejumlah pihak hadir di antaranya, I Made Toya merupakan Asisten I Setda Kota Denpasar, Camat Denpasar Selatan, Lurah Pedungan, DLH Kota Denpasar P3E Ekoregion Jawa Bali Nusra, BPPI Jabalnusra dan masyarakat Banjar Karang Suwung.

"Kami sebagai perwakilan Walikota Denpasar mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pertamina FT Sanggaran dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi sampah. Semoga Banjar Karang Suwung menjadi barometer pemilahan sampah dan menularkan keberhasilannya kepada banjar lain," ucap I Made Toya selaku perwakilan Walikota Denpasar. 

Mengacu terhadap program Pedungan Bright Green. Bali darurat sampah. TPA Suwung sebagai tumpuan tempat pembuangan sampah regional pun beberapa waktu lalu mengalami kebakaran.  

Dari persoalan itu, Pertamina melalui Fuel Terminal Sanggaran berkomitmen untuk membantu berkontribusi dalam penyelesaian sampah di Bali terutama di Kota Denpasar.

Keberadaan Kelurahan Pedungan, merupakan wilayah Ring I operasional Pertamina Fuel Terminal Sanggaran. Kelurahan ini termasuk kelurahan terbesar di Kecamatan Denpasar Selatan yang memiliki 14 banjar. Berdasarkan hasil sosial mapping, permasalahan sampah pun menjadi prioritas utama program yang perlu diselesaikan bersama. 

Kemudian pada Tahun 2022, FT Sanggaran bersama mitra pendamping, yaitu Yayasan Bali Wastu melakukan kegiatan Program Pedungan Bright Green. 

Sangat berkesan kegiatan dirancang, seperti: sosialisasi dan memberikan stimulan (buku tabungan, timbangan dan perlengkapan bank sampah) bank sampah kepada 14 banjar serta 3 sekolah dasar di Pedungan. Serta membantu pengelolaan sungai bersih Banjar Geladag. 

Berlanjut di Tahun 2023, program Pedungan Bright Green konsisten mengembangkan salah satu bank sampah existing di Kelurahan Pedungan, yang bernama Bank Sampah Karang Kedas Mesari.

"Kami membantu membangun gudang semi permanen untuk penyimpanan sampah anorganik Bank Sampah. Pemberian 2 drum komposter di SDN 7 Pedungan," ucap Adhi Sadewo.

Selain itu, dilakukan pemberian bibit tanaman organik dan jerigen minyak jelantah. Maka hal ini atas aspirasi masyarakat Banjar Karang Suwung ingin memiliki pengelolaan sampah organik pada tiap rumah. Kurang lebih 65 warga atau sejumlah 135 biopori akan terpasang di satu banjar dan hari ini akan dilakukan peluncuran program tersebut. 

Ke depan melalui program ini, diharapkan setiap rumah tangga di Banjar Karang Suwung dapat mengelola sampah berbasis sumber dan mengelola sampah organik melalui Biopori yang telah terpasang di tiap rumah. Selain itu, dapat mengelola sampah anorganiknya melalui Bank Sampah. 012

 


TAGS :