Ekonomi

Jalin Kerja Sama BRI dan Pemprov Bali, Persiapkan Online Banking System Retribusi Sasar Wisman Berwisata

 Senin, 04 September 2023 | Dibaca: 176 Pengunjung

Penandatanganan kesepakatan bersama BRI dan Pemprov Bali. Suasana retribusi Wisman diharapkan melindungi kebudayaan, alam, dan infrastruktur Bali, Senin (4/9/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Jajaran BRI dan Pemprov Bali melakukan proses penandatanganan kesepakatan bersama, termasuk menyiapkan Online Banking System Retribusi terhadap Wisatawan Mancanegara (Wisman) BRI Regional Office Denpasar.

Kemudian dilakukan pula penandatanganan kesepakatan bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali di kediaman Gubernur Bali di Jayasabha, Senin (4/9/2023).

Diketahui penandatanganan yang dilakukan oleh Regional CEO BRI Denpasar Recky Plangiten dengan Gubernur Bali Wayan Koster. Dari pertemuan dimaksud, kerja sama meliputi atas tata cara pembayaran pungutan terhadap Wisman yang mana terintegrasi dengan sistem love Bali.

“BRI siap mensupport Pemerintah Provinsi Bali dalam penerimaan retribusi bagi Wisman yang berwisata ke Bali. Kami telah menyiapkan online banking system yang terintegrasi dengan Love Bali dan memastikan pelaksanaan di lapangan berjalan lancar. Nantinya setiap wisatawan yang datang ke Bali akan dipungut retribusi sebesar Rp150.000," kata Regional CEO BRI Denpasar Recky Plangiten.

Pihaknya menerangkan mengenai teknis atas pembayaran untuk restribusi Wisman, tentu saja ke depannya dapat melalui website atau Mobile App Love Bali.

“Secara teknis, pembayaran retribusi wisatawan asing ini dapat diakses pada Website atau Mobile App Love Bali, maupun pembayaran secara langsung pada counter yang telah disediakan di bandara kedatangan Internasional. Apabila proses pembayaran telah berhasil, Sistem Love Bali akan memberikan pemberitahuan telah dibayar (paid notification)," katanya.

Lanjut Recky Plangiten, terhadap atas bukti pembayaran tersebut dapat pula di scan oleh wisatawan untuk dapat melewati pintu otomatis di bandara kedatangan internasional.

"Karena itulah, adanya retribusi Wisman ini, diharapkan dapat melindungi kebudayaan, lingkungan alam, serta pembangunan infrastruktur Bali yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian Bali secara keseluruhan," tutupnya. 012


TAGS :