Peristiwa

Empat Pelaku Komplotan Curanmor Dibekuk Polsek Kuta Selatan

 Selasa, 12 September 2023 | Dibaca: 198 Pengunjung

Terungkap tindak curanmor dengan empat tersangka berhasil diringkus Polsek Kutsel, Selasa (12/9/2023).

www.mediabali.id, Badung. 

Komplotan pelaku pencurian motor diringkus Unit Reskrim Polsek Kuta Selatan, sebab mereka selama ini beraksi di wilayah Kuta Selatan, Kuta, dan Denpasar Selatan. Aksi komplotan ini dinilai meresahkan masyarakat karena berhasil mengambil puluhan kendaraan roda dua.

Empat orang pelaku telah diamankan adalah Syamsudin (24), Indra Sugianto (22), Ikhwan alias Bobi (30) dan Indallah alias Carles (31). Sementara dua orang pelaku yang masih dalam pengejaran adalah Yusril dan Aditya dan telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Jadi Polsek Kuta Selatan berhasil mengungkapkan komplotan jaringan antar pulau pelaku pencurian kendaraan bermotor dan kami berhasil mengamankan empat dari enam pelaku," ujar Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, SH., S.IK., M.Si., di dampingi Kapolsek Kuta Selatan Kompol I Nyoman Karang Adiputra, SH., Selasa (12/9/2023) di Mapolsek Kutsel.

Kasus terungkap dari tiga laporan Polisi yang diterima Polsek, yaitu: LP/B/93/VIII/2023/spkt.unit reskrim Polsek Kutsel.Polresta Denpasar/Polda Bali, tanggal 25 Agustus 2023., pelapor bernama Ahmad Tajudin Atoliah (25) yang kehilangan motor Honda Vario di Jalan Teges Nunggal No.16, Lingk. Bualu, Kel. Benoa, Kec. Kutsel, Badung.

Selanjutnya, LP/B/94/VIII/2023/SPKT.UNIT RESKRIM Polsek Kutsel.Polresta Denpasar/Polda Bali, tanggal 25 Agustus 2023. Korban bernama Robic Handra Aditia (24) kehilangan Honda Scoopy di Jl.Teges Nunggal No.16, Lingk. Bualu, Kel. Benoa, Kec. Kutsel, Badung. Dan LP/B/95/VIII/2023/SPKT.UNIT RESKRIM Polsek Kutsel.Polresta Denpasar/Polda BalI, tanggal 27 Agustus 2023 pelapor Angela (23) dengan TKP di Jl. Nuansa Udayana Gg. IX, No.9, Lingk. Taman Griya, Kel. Jimbaran, Kec. Kutsel, Badung.

Lebih lanjut, Unit Reskrim melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan empat pelaku di salah satu kos di kawasan Mumbul, Kelurahan Benoa, Kec. Kutsel, Badung, pada Minggu (27/8/2023).

"Satu dari empat pelaku saat terpaksa diberikan tindakan tegas (tembak) karena melakukan perlawanan yang membahayakan petugas. Sementara dua orang lainnya masih dalam pengejaran dan telah masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)," beber Kombes Pol. Bambang Yugo.

Selanjutnya, dari tangan para tersangka ini diamankan enam unit sepeda motor berbagai merk. Selain itu, diketahui mereka telah berhasil mengambil kurang lebih 30 motor berbagai merk di beberapa TKP untuk selanjutnya motor tersebut dikirim melalui Expedisi ke Dompu Bima dan Mataram, NTB.

Sepeda motor tersebut dijual murah. Setiap unit motor mereka mendapat bagian Rp1,5 juta dan para pelaku selama di Bali bekerja sebagai buruh serabutan. Otak dari kejahatan ini adalah Indra Sugianto (tersangka yang ditembak) dan Yusril (DPO).

"Modus operandi para pelaku yaitu mengincar kendaraan yang tanpa di kunci stang, kemudian mendorong kendaraan tersebut ke tempat aman, mereka beroperasi minimal berdua, sedangkan antar pulau karena hasil kejahatan mereka dikirim ke wilayah Bima Nusa Tenggara Barat," tambah Kombes Bambang.

Para pelaku sudah beraksi sejak Juni hingga Agustus 2023. Kapolresta juga menegaskan kasus ini menjadi atensi dan saat ini masih dilakukan pengembangan dari aparat Satreskrim Polresta Denpasar untuk menangkap para DPO. 

"Saya minta kepada para DPO untuk segera menyerahkan diri. Kami akan melakukan pengejaran sampai berhasil menangkap para pelaku. Sementara untuk empat tersangka yang sudah ditangkap dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman tujuh tahun penjara," imbuh Kombes Bambang.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada saat memarkir kendaraan seperti parkir di tempat yang telah di sediakan atau dititipkan kepada penitipan resmi kemudian jangan lupa mengunci kendaraannya atau mengunci stang dan juga parkir tidak menghalangi lalu lintas demi keamanan kendaraan. 012


TAGS :