Peristiwa

Berdayakan Keterampilan Disabilitas Kota Denpasar, Pelindo Gelontor Bantuan Rp100 Juta

 Rabu, 21 Februari 2024 | Dibaca: 297 Pengunjung

Dukungan TJSL Rp100 Juta dalam Program Difablepreneur Pelindo diserahkan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra, kepada Pemkot Denpasar, membantu pelatihan keterampilan orang tua dan anak penyandang disabilitas, Rabu (21/2/2024).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebesar Rp100 Juta dalam Program Difablepreneur Pelindo diserahkan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra, kepada Pemkot Denpasar, untuk membantu pelatihan keterampilan bagi orang tua dan anak penyandang disabilitas.

Bantuan TJSL dimaksud sebagai pembiayaan program pelatihan keterampilan penyandang disabilitas 'Creative Workshop' yang diselenggarakan, Selasa (21/2/2024) di Aula UPTD Pusat Layanan Disabilitas (PLD), Lumintang. 

Menariknya, pelatihan keterampilan ini melibatkan setidaknya 100 orang dengan terdiri dari anak penyandang disabilitas dan orang tuanya, dan juga para UMKM penyandang disabilitas yang selama ini difasilitasi di Graha Nawasena. 

Materi pelatihan keterampilan diberikan antara lain membuat macerame, kreasi perca, bros monte dan bunga stocking. Selain itu, pada pelatihan ini peserta juga akan diajarkan membuat lukis aparel.

Menurut Sub Regional Head PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra Fariz Hariyoso bahwa pihak Pelindo memiliki perhatian terhadap peningkatan kapasitas dan kemampuan para penyandang disabilitas. 

"Pelindo memberikan perhatian terhadap peningkatan kapasitas penyandang disabilitas agar nantinya memiliki kemandirian, terutama dari segi ekonomi," ucapnya.

Ditambahkan Ketua KKKS Kota Denpasar Antari Jaya Negara pada saat kegiatan mengemukakan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra, salah satunya bagi pengembangan program kewirausahaan bagi kalangan disabilitas. 

"Terima kasih atas dukungan pihak Pelindo Sub Regional Bali Nusra sehingga banyak program peningkatan kapasitas disabilitas di Kota Denpasar dapat terlaksana," imbuhnya.

 
Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, Laxmy Saraswaty menjelaskan bahwa kegiatan bertujuan supaya anak-anak penyandang disabilitas ringan dan orang tua yang tergabung dalam kelas kreativitas disabilitas pada UPTD PLD di bawah naungan Dinsos Kota Denpasar dapat berdaya, sehingga secara sosial ekonomi dapat mandiri. 

"Para peserta nanti kita harapkan juga akan mempraktekan di rumah masing masing dan bisa memulai usaha," tutur Laxmy 

Pihak Pelindo menyambut baik pelaksanaan program berbasis kewirausahaan inklusi yang selama ini gencar dilakukan oleh Pemkot Denpasar. 

"Kami mendukung penuh program ini, sehingga para penyandang disabilitas mendapat kesempatan yang sama dalam berwirausaha," tutup Fariz. 

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan di antaranya: Ketua KKKS Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara; Sub Regional Head PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra, Fariz Hariyoso; Wakil Ketua KKKS Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa; Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana; serta Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty. 012


TAGS :