Politik

Gaji Pegawai Kontrak Puskesmas Nusa Penida III Macet Sejak Maret 

 Kamis, 27 April 2023 | Dibaca: 670 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Para pegawai kontrak di Puskesmas Nusa Penida III di Banjar Iseh, Desa Klumpu, mulai kelimpungan. Hak mereka untuk mendapatkan gaji, ternyata seret sejak Maret. Padahal ini sudah memasuki pekan terakhir bulan April. Dewan pun menuding eksekutif kian tak fokus dan tak manusiawi dengan menahan hak-hak pegawai kontrak yang hidup hanya mengandalkan gaji kecil. 

"Sudah hidup di daerah terpencil, gaji kecil, pake macet lagi. Jangan sampai begini dong. Saya paling prihatin dengan situasi begini, karena sudah terlalu sering sehingga dianggap biasa. Padahal, hak-hak mereka ini sangat ditunggu-tunggu agar bisa menyambung hidup," kata Wakil Ketua DPRD Klungkung I Wayan Baru, 27 April 2023, setelah menerima banyak keluhan dari para pegawai kontrak setempat. 

Politisi Partai Gerindra asal Nusa Penida ini pun melontarkan kritik pedas kepada pihak eksekutif. Sebab, masalah-masalah yang sangat prinsip seperti ini masih saja terjadi di Nusa Penida. Ini menurutnya sangat keterlaluan. Bagaimana kemudian mau bicara gagasan dalam pembangunan, sementara masalah yang sifatnya rutin seperti itu bisa belum bisa disikapi dan diatasi secara profesional. Tetapi terus berulang-ulang. 

"Saya cek pegawai kontrak di Puskesmas Nusa Penida yang lain sudah dibayar semua. Anehnya pegawai kontrak di Puskesmas Nusa Penida III ini saja yang belum. Kan keterlaluan namanya itu. Makanya saya prihatin sekali. Sekarang ini eksekutif ngurus sampah saja tidak bisa, ngurus barang mati lho, apalagi ngurus masyarakat. Model tata kelola birokrasi yang seperti ini, sangat merugikan pegawainya sendiri dan masyarakat," sorot Wayan Baru. 

Kontribusi pegawai kontrak selama ini, dinilai patut diapresiasi, apalagi bagi mereka yang tugasnya di pedesaan di Nusa Penida, seperti di Puskesmas Nusa Penida III. Setiap masyarakat yang datang untuk mendapat pelayanan kesehatan, dilayani dengan sangat baik. Sehingga keberadaan mereka sangat dirasakan masyarakat. Namun, kinerja yang baik itu justru mendapat perlakuan yang tidak sesuai oleh pemerintah daerah. Maka, dia mendesak pihak eksekutif khususnya dari Dinas Kesehatan Klungkung segera memproses dan melunasi hak-hak para pegawai kontrak yang masih nunggak. 

"Jangan perlakukan pegawai kontrak seperti ini. Segera penuhi hak-hak mereka, karena gaji itu sangat diraharapkan segera bids terealisasi," tutup Ketua DPC Partai Gerindra Klungkung ini. (*)


TAGS :