Bisnis

BPR KAS Rayakan HUT ke-7 Tahun, KPR Milenial dan MyDOVI Jadi Idaman Generasi Kekinian

 Jumat, 19 Mei 2023 | Dibaca: 595 Pengunjung

BPR KAS merayakan HUT ke-7 Tahun, dengan beragam program unggulan baru untuk nasabah, Jumat (19/5/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Kiprah BPR Karya Artha Sejahtera Indonesia (BPR KAS) tumbuh memasuki usia ke-7 Tahun, sebagai BPR yang berkembang sehat, dipercaya masyarakat, dan stake holder di Bali.

BPR KAS mengalami pertumbuhan aset yang pesat. Aset bank pada posisi 31 Desember 2017 tercatat Rp67 miliar, lalu di posisi 30 April 2023 nilai aset telah mencapai Rp218 miliar. Penyaluran kredit pada posisi yang sama tercatat Rp122 miliar, dengan dana masyarakat yang berhasil dihimpun Rp197 Miliar.

BPR KAS mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas beserta produk inovatif bagi para nasabahnya. Di antaranya: Tabungan KAS Xtra; Tabungan Masa Depan; KPR Milenial; Lingkage BPR (membantu cashflow BPR), hingga MyDOVI, dan lainnya.

"Di masa transisi, BPR KAS berkolaborasi menjadi rumahnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan membina usahanya. Kita bantu menjadi lebih baik dengan kolaborasi," ujar Chief Executive Officer (CEO) BPR KAS Rio Christian, SH., MH., didampingi I Made Maharta Wijaya selaku Komisaris BPR KAS, I Gusti Gede Dharmanta selaku Direktur BPR KAS, dan Surya Putera selaku Ceo MyDOVI, Jumat (19/5/2023).

Salah satu yang dikembangkan, seperti MyDOVI sebuah marketplace voucher digital. MyDOVI bukan asli dimiliki BPR. Menariknya, anggota UMKM di MyDOVI akan memperoleh kredit UMKM untuk lebih mampu berkembang. Di MyDOVI omzet penjualan pedagang dapat dilihat, sehingga mereka dapat mengajukan pinjaman kredit dengan bunga khusus dan spesial, sekira 1,25% hingga 1,5%, sekaligus tanpa agunan.

"Keberadaan MyDOVI adalah perusahaan marketplace voucher digital. Di MyDOVI dikumpulkan para pelaku UMKM salah satunya kuliner, dan lainnya. Sekitar 200 bidang UMKM kuliner yang kita bantu di MyDOVI, sementara khusus di Bali dulu. Mereka berjualan secara digital, dengan harga yang murah. Di MyDOVI ada layanan pesan makanan berkolaborasi dengan Gojek. Pesan makanan di MyDOVI, nanti Gojek yang akan antarkan ke rumah," ucapnya.

Kerja sama tersebut memungkinkan nasabah KAS untuk mendapatkan manfaat tambahan diskon saat berbelanja di merchant MyDovi.

"Melalui kolaborasi ini diharapkan transaksi merchant akan semakin meningkat, sehingga apabila makin berkembang omzetnya, maka saat membutuhkan kredit BPR KAS dapat menjadi alternatif sumber pembiayaan," imbuhnya.

CEO BPR KAS Rio Christian menerangkan kolaborasi antar bank juga dijalin antar BPR, baik di Bali dan luar Bali. Jangkuannya luas di seluruh Indonesia. Melalui kolaborasi antar BPR, pun dapat menghidupkan BPR saat mereka membutuhan dana. BPR KAS telah memiliki sistem kerja (internal proses-red) yang terdigitalisasi, sehingga proses bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Aplikasi terkait diberi nama Mitra Kas dan resmi diumumkan pada, Jumat 19 Mei 2023, bertepatan dengan perayaan HUT BPR KAS yang ke-7 Tahun.

"Kita juga membangun satu website mitrakas.com, menjadi marketplace untuk BPR yang membutuhkan dana deposito. BPR yang butuh dana tinggal masuk di mitrakas.com dan diberikan deposito, jadi semacam deposito antar bank," terangnya.

Rio menyinggung rencana pengembang Pinjaman Online (Pinjol) khusus melayani antar BPR. Hal ini bekerja sama dengan Komunal sebagai perusahaan teknologi finansial.

"Bersama Komunal, berupa Pinjol untuk komunitas BPR. Ini bukan Pinjol pribadi yang tidak jelas ya. Sebaliknya merupakan Pinjol yang hanya melayani BPR, juga ada asuransinya," terangnya.

KPR Milenial Sasar Generasi Muda
Salah satunya Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Milenial, menjadi sangat istimewa kedepannya. Sebab, KPR Milenial sangat dinanti untuk generasi muda yang menginginkan rumah pribadi.

BPR KAS berupaya membantu generasi muda Bali untuk dapat memiliki rumah. BPR KAS untuk program KPR milenial ini dibantu kolaborasi oleh PT Sarana Multigriya Finansial (Persero).

Selain itu, KPR Milenial di antaranya; DP rendah, jangka waktu 20 tahun dan suku bunga 9,9% p.a. fixed selama 3 Tahun pertama.

"KPR milenial yang kami buat untuk kelahiran Tahun 1982 ke atas. Keuntungan KPR milenial ini, kita bisa memberi DP maksimal 10 persen. Tergantung harga rumah, kalau harganya Rp500 Juta, punya uang Rp50 Juta sudah bisa cicil. Hal penting lainnya, jangka waktu kita di BPR KAS beri waktu 20 Tahun," bebernya.

Hal lainnya, BPR KAS juga mengangkat kisah, tulis cerita hidupmu bersama BPR KAS.

"Kalau ada orang yang menabung dan menaruh deposito di BPR KAS, hidupnya menjadi lebih baik, usahanya menjadi lebih besar. Bukan persepsi menaruh uang di BPR itu akan hilang atau disita. Kita tentu berharap sama-sama terus bertumbuh," tegasnya.

Rio menerangkan rancangan Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU P2SK) istilah Bank Perkreditan Rakyat atau BPR diubah menjadi Bank Perekonomian Rakyat. Adanya perubahan nama untuk revitalisasi peranan BPR sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat.

"BPR dengan RUU P2SK akan berubah dari Bank Perkreditan Rakyat menjadi Bank Perekonomian Rakyat. Dari OJK, aturan turunannya terkait bisnis-bisnis yang dilakukan BPR. Sekarang hanya bisa kasi kredit dan menghimpun dana dari masyarakat, berupa tabungan dan deposito. Kedepannya nanti kita bisa menjual valas, internet banking, m-banking. Kita tinggal menunggu aturan turunannya kapan keluar," ucapnya.

Sementara itu, Komisaris BPR KAS, I Made Maharta Wijaya menambahkan di dalam HUT ke-7 mengangkat tema Together Stronger. Ia berharap seluruh karyawan nasabah terus berkembang menjadi lebih kuat dan baik kedepannya bersama BPR KAS.

"Kami ada beberapa produk berbeda, di mana diharapkan berbeda dengan BPR lainnya. Melalui tema Together Stronger, kita lakukan kolaborasi untuk menjadi pemenang kedepannya. Termasuk mengandalkan produk lain yang siap bersaing ke depan," tegasnya. 012


TAGS :