Hiburan

Wagub Prof. Cok Ace Apresiasi Digelarnya PICA Fest 2023

 Kamis, 27 Juli 2023 | Dibaca: 208 Pengunjung

Selama tanggal 27-30 Juli 2023, PICA Fest 2023 dibuka resmi Wagub Prof. Cok Ace untuk umum, khususnya generasi muda pecinta musik, aneka clothing, UMKM, dan lainnya.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Apresiasi disampaikan Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, atas diselenggarakannya perhelatan Paradise Island Clothing Association (PICA) Festival, sebagai festival clothing terbesar di Bali, Kamis (27/7/2023).

"Sore ini (Kamis) kita kembali berkumpul dalam keadaan suka cita untuk menghadiri PICA Fest ke delapan. Pertama saya harus apresiasi dulu rangkaian acaranya yang luar biasa. Dengan skala yang lebih besar dari sebelumnya," ujar Wagub Cok Ace di sela-sela membuka resmi PICA Festival di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar.

Ditegaskan Wagub Cok Ace sekaligus Guru Besar ISI Denpasar ini bahwa terselenggaranya PICA Fest 2023 sangat sejalan dengan visi dari Pemerintah Provinsi Bali dengan 6 sektor unggulan yang dicanangkan. PICA Fest sekaligus sebagai wadah kreativitas dan inovasi generasi muda Bali.

"Kita memprioritaskan Koperasi dan UMKM, Industri manufaktur branding Bali, dan industri kreatif. Saat ini PICA Fest bisa jadi tempat kalangan milenial untuk menunjukkan kreasinya. Jika terus konsisten seperti ini, maka skalanya bisa meningkat tidak hanya lokal. Jangan lupa perkembangan fashion luar juga harus kita lihat dan kembangkan pula hal-hal yang kita punya, yang bisa go nasional dan go internasional. Sehingga ajang ini jadi ajang yang menarik orang luar Bali untuk berkunjung," bebernya.

Ia turut menekankan apabila kondisi ekonomi Bali terus perlahan-lahan menunjukkan pemulihan. Hal terkait ditandai dengan pertumbuhan ekonomi Bali yang terus meningkat.

Berdasarkan catatan pemerintah, pada Tahun 2022, ekonomi Bali hanya tumbuh 4,8 persen, kemudian pada triwulan I 2023, tumbuh 6,04 persen. 

"Kita harapkan ajang seperti ini akan berpengaruh di kuartal ketiga nanti dan perekonomian akan meningkat terus dengan peningkatan signifikan. Sekali lagi terima kasih untuk penyelenggara, pengisi acara dan pengunjung yang sudah berpartisipasi," ucap Penglingsir Puri Ubud ini.

Untuk diketahui, penyelenggaraan PICA Fest 2023 dimulai dari tanggal 27-30 Juli 2023 di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar. Menariknya, festival clothing yang sudah digelar sebanyak delapan kali ini ditargetkan dapat mencetak transaksi mencapai Rp15 miliar selama empat hari penyelenggaraannya.

Lebih dari itu, PICA Fest terus berkembang dan berinovasi. Bahkan, tahun ini menghadirkan 55 brand dan 100 booth yang semuanya dari brand lokal Bali serta 103 booth kuliner. 

Selanjutnya, untuk venue festival kali ini lebih luas dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu, yakni menggunakan lebih dari 3 hektare Lapangan Niti Mandala Denpasar.

Pembukaan PICA Fest 2023, dari panitia menggunakan penekanan tombol oleh Wagub Cok Ace, serta didampingi pula oleh Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Anggota DPR RI Nyoman Parta, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Bali Wayan Jarta serta Kadis Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun. 012

 


TAGS :