Ekonomi

Trisno Nugroho Dorong Ekonomi dan Perjuangkan UMKM Bali

 Kamis, 15 Juni 2023 | Dibaca: 279 Pengunjung

Jelang memasuki masa purna tugas, Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho me-launching buku biografinya dan bertemu para wartawan, Kamis (15/6/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Peranan Trisno Nugroho selama menjabat Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi, tentu saja kinerjanya tidak dapat diragukan. Perjuangan yang dilalui Trisno tidak mudah, hal itu tertuang dalam buku biografi 'Mengejar Mimpi - Perjalanan Hidup Anak Nusakambangan Menjadi Direktur Eksekutif Bank Indonesia'.

Memasuki masa purna tugasnya, di-launching buku biografi Trisno Nugroho, dengan Penulis Rita Wati dan dipadu kata pengantar dari Wakil Gubernur Provinsi Bali Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. Buku biografi ini ditampilkan di sela-sela temu Obrolan Santai BI bareng Media dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertajuk tema 'SMES: Paving the Way for Bali Economic Recovery', Kamis (15/6/2023).

Diterbitkan buku biografi, bagi Trisno yang selama 2019-2023 duduk sebagai kepala BI KPw Bali, dia berharap dapat lebih memotivasi setiap orang.

Salah satunya pengusaha UMKM di dalam menjalankan atau merintis usaha, sebagaimana telah menjadi binaan BI selama dipimpin oleh Trisno.

"Jadi ini untuk memotivasi siapa saja, khususnya pengusaha UMKM makin giat berusaha dan berjuang. Lewat perjalanan hidup dan karir saya yang dijadikan buku biografi, ini untuk membangkitkan semangat juang siapa pun yang membacanya," ujarnya, dalam kegiatan yang juga dihadiri Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra dan undangan lainnya.

Langkah dini untuk membantu perekonomian Bali, adalah dengan mengembangkan sektor UMKM, termasuk menjaga stabilitas harga-harga di pasaran.

"Hal tersebut dalam menjaga konsumsi masyarakat dan meningkatkan pariwisata Bali sebagai tulang punggung perekonomian Bali. Apalagi Bali sempat dilandai pandemi Covid-19, di mana ekonomi Bali lewat UMKM mampu bertahan dan kini tumbuh membaik. UMKM dan BI ke depan harus terus maju," tandasnya.

Diketahui saat Bali menghadapi pandemi Covid-19, akhirnya muncul pelajaran untuk menerapkan pembayaran atau transaksi non tunai.

Ekosistem digital di Bali terbentuk dengan transaksi pembayaran nontunai melalui Quick Response Indonesian Standart (QRIS) yang diluncurkan Bank Indonesia. Hal ini praktis mempermudah pembayaran  dari jenis uang tunai ke non tunai.

Sementara itu, Ketua PWI Bali Dwikora Putra turut memberikan dukungan terhadap Trisno Nugroho, terlebih selama ini Bank Indonesia selalu memberikan dukungannya terhadap kegiatan yang diselenggarakan PWI Bali. Seluruh awak media dan wartawan menilai baik dan mengapresiasi kinerja Trisno selama bertugas.

"Jadi selama ini Kepala Bank Indonesia Provinsi Bali mau mensupport kegiatan PWI Bali," ujar Dwikora Putra yang memasuki hampir 2 periode menjadi Ketua PWI Bali. 012

 


TAGS :