Kesehatan

Observasi Komisi I di RS Gema Santi, Widiana Mengharapkan Ambulan Laut Dapat Terealisasi

 Senin, 31 Juli 2023 | Dibaca: 614 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Komisi I DPRD Klungkung melakukan observasi ke RS Gema Santi untuk menyerap aspirasi dan kendala yang dialami dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Nusa Penida. Dalam observasi tersebut Sekretaris Komisi I DPRD Klungkung I Wayan Widiana mengharapkan agar ambulan laut dapat terealisasi. Pasalnya armada tersebut sangat dibutuhkan untuk mengantar pasien yang membutuhkan penanganan segera.

Hal itu diungkapkan Wayan Widiana di sela-sela pelaksanaan Observasi Komisi I di RS Gema Santi, Senin (31/7/2023). Dalam kesempatan tersebut Wayan Widiana mengecek langsung sarana prasarana rumah sakit termasuk fasilitas yang dimiliki RS Gema Santi.

Bertemu langsung Direktur RS Gema Santi dr. I Ketut Rai Sutapa, terungkap sejumlah fasilitas kesehatan vital masih belum dimiliki RS Gema Santi salah satunya fasilitas CT Scan. Menurut Widiana, rumah sakit sangat membutuhkan adanya fasilitas tersebut untuk melakukan diagnosa kepada pasien yang mengalami gangguan kesehatan.

Alat ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan. Dokter akan merekomendasikan pemeriksaan CT scan untuk kondisi tertentu seperti memperoleh diagnosis kelainan otot dan tulang, tumor atau keretakan pada tulang. Menentukan lokasi tumor, infeksi, atau bekuan darah.

"CT Scan sangat dibutuhkan karena banyak masyarakat sakit stroke dan lainnya harus memerlukan CT Scan," tutur Widiana.

Baik ambulan laut dan juga CT Scan menurut Widiana seharusnya bisa direalisasikan oleh Pemkab Klungkung. Selain karena sangat dibutuhkan, fasilitas tersebut juga sebagai penunjang layanan kesehatan untuk masyarakat. "Sesuai intruksi dari Prabowo Subianto, kita harus mengutamakan kepentingan masyarakat. Untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan terutama di bidang kesehatan seperti pengadaan ambulan laut dan CT Scan ini. (*)
 


TAGS :