Sosial

Lantik Pengurus PHDI Kecamatan, Wabup Diar : Jaga Keharmonisan dan Kearifan Lokal

 Rabu, 18 Januari 2023 | Dibaca: 284 Pengunjung

Lantik Pengurus PHDI Kecamatan, Wabup Diar : Jaga Keharmonisan dan Kearifan Lokal

www.mediabali.id, Bangli. 

Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar melantik pengurus Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) tingkat Kecamatan se-Kabupaten Bangli, Rabu (18/1) di Pura Kehen Bangli. Ia berpesan agar pengurus yang dilantik selalu menjaga keharmonisan dan kearifan lokal.

"Pengurus PHDI Kecamatan yang dilantik untuk selalu kompak sesuai harapan umat , dengan tetap menjaga toleransi antar umat beragama , menjaga kearifan lokal , berpedoman dengan norma dan aturan yang ada, sehingga harmonisasi kerukunan antar umat makin mengental, Bangli akan tetap aman dan terkendali," tuturnya.

Baca juga:
Curi Emas, Polsek Dentim Tangkap Perempuan Mantan Pekerja di Kafe

Diar mengatakan jika umat terkoordinir dengan baik niscaya segala bentuk rongrongan atau budaya negatif yang masuk di Kabupaten Bangli akan sirna dan terhalang dengan tembok kebhinekaan dan keharmonisan umat.

”Saya yakin itu," ujarnya. 

Lebih lanjut, Diar juga meminta masukan , saran dan kritik terkait masa kepemimpinannya karena pihaknya sadar tidak akan mampu memimpin Bangli tanpa dukungan penuh tokoh dan masyarakat Bangli.

"Untuk itu silakan pantau , koreksi kami, berikan kami saran dan bantu kami dengan kerjasama dan sinergitas untuk jengah membangun Bangli, sehingga segala bentuk pembangunan di Bangli berjalan dengan baik sesuai harapan," tegasnya.

Baca juga:
Kawal PPDB 2023/2024, SMK TI Bali Global Ajak Hormati Kuota dan Regulasi Pusat

Sementara Ketua PHDI Bangli I Nyoman Sukra menyampaikan, dengan dilantiknya pengurus terpilih diharapkan dapat mengerti tugas pokok dan perannya adalah membantu Pemerintah Kabupaten Bangli dalam penyelenggaraan pembinaan umat. 

Ia menjelaskan pengurus PHDI tidak masuk dalam dunia politik ataupun pengurus partai tertentu. Apabila ada pengurus PHDI juga menjadi pengurus partai politik, harus mengundurkan diri karena sudah tertuang di AD/ ART.

"Pengurus Parisadha harus netral,” tegasnya.

Pelantikan diawali upacara mejaya-jaya yang diikuti pengurus terpilih PHDI Kecamatan, dipuput Ida Pedanda Gede Putra Manuaba Griya Gede Brahmana Bukit Bangli. 006


TAGS :