Ekonomi

Kunjungi Perusahaan, Disnaker Beri Pembinaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 Selasa, 16 Januari 2024 | Dibaca: 519 Pengunjung

www.mediabali.id, Gianyar. 

Kadisnaker Gianyar, Ida Ayu Ketut Surya Adnyani mengunjungi sejumlah Perusahaan untuk memberikan Pembinaan Kesehatan dan keselamatan Kerja (K3), Senin (15/1). Pembinaan tersebut serangkaian bulan K3 Nasional Tahun 2024.

“Melalui bulan K3 nasional ini, kita diingatkan untuk selalu memperhatikan perilaku dan praktik kerja yang mendukung keamanan dan kesehatan Kerja,” ujar Dayu Surya saat kunjungannya ke beberapa perusahaan atau hotel yang ada di Gianyar.

Dilanjutkannya bahwa Filosofi dasar K3 adalah untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan pekerja dalam menjalankan pekerjaannya melalui perlindungan K3, dengan melakukan upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tempat kerjanya. 

Apabila semua potensi bahaya telah dikendalikan sampai batas standar aman, maka terciptalah kondisi lingkungan kerja yang aman dan sehat sehingga proses produksi dapat berjalan lancar, yang pada akhirnya akan terjadi peningkatan produktivitas.

Oleh karena itu, Dayu Surya mengajak perusahaan untuk bersama-sama menerapkan dan menjaga prinsip K3, yang pada hakekatnya untuk menumbuhkan kesadaran seluruh stakeholders, termasuk manajemen dan pekerja, akan pentingnya keselamatan di lingkungan kerja dan memahami risiko-risiko potensial yang mungkin terjadi, serta memberikan strategi pencegahan untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan dan penyakit terkait pekerjaan. 

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan produktivitas pekerja adalah dua hal yang sangat penting bagi keberlangsungan dan keberhasilan perusahaan. Kedua hal ini saling terkait dan sangat mempengaruhi satu sama lain. Bebas dari insiden dan kecelakaan kerja membuat pekerja dapat bekerja dengan aman dan nyaman,”ungkapnya. 

“K3 juga mempengaruhi kondisi fisik dan mental pekerja, sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih produktif. Hubungan antara K3 dengan produktivitas pekerja sangat erat. Pekerja yang bekerja dalam lingkungan kerja yang aman dan nyaman akan merasa lebih tenang dan nyaman, sehingga dapat bekerja dengan lebih baik dan menghasilkan kinerja yang lebih baik,” sambung istri Bupati Gianyar periode 2018-2023 tersebut.  

Kadisnaker Gianyar juga memiliki harapan besar kepada Pimpinan Perusahaan atau hotel beserta jajarannya, bahwa kesadaran terhadap K3 bukan hanya menjadi kebijakan formal semata, tetapi menjadi nilai yang harus dihayati setiap hari di perusahaan. 

“Saya juga berharap bahwa setiap langkah yang diambil dalam meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja, tidak hanya menciptakan lingkungan yang aman, tetapi juga meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para pekerja,”tegasnya.

Meski demikian, Dayu Surya meyakini dan percaya bahwa Perusahaan yang ada di Kawasan Gianyar mampu menciptakan standar tertinggi dalam melindungi dan memelihara sumber daya dengan menjunjung tinggi budaya K3.

“Mari jadikan Bulan K3 Nasional tahun 2024 ini sebagai momentum untuk bersama-sama membangun budaya kerja yang aman dan sehat. Dengan kerjasama kita ini, saya meyakini tujuan K3 dapat tercapai dan memberikan dampak positif bagi seluruh pekerja dan keberlangsungan usaha,”pungkasnya. 

Pada hari tersebut, Dayu Surya memberikan pembinaan ke Bali Zoo, Hotel Sthala. Dilanjutkan pada hari ke-dua ke Hotel Nandini, Hotel Banyan Tree, serta Hanging Garden di Banjar Susut Desa Buahan Payangan pada hari Selasa (16/1). 007


TAGS :