Peristiwa

Kapolri dan Panglima TNI Pantau Kesiapan Pasukan di KTT G20  

 Senin, 07 November 2022 | Dibaca: 295 Pengunjung

Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Andika Perkasa, memantau langsung kesiapan puncak KTT Presidensi G20, dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung 2022 di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Senin (7/11/2022).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Persiapan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 pada 15-16 November 2022 diintensifkan TNI-Polri di lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar. 

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bersama Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa SE., MA., M.Sc., M.Phil., Ph.D., mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung 2022 dalam rangka pengamanan KTT G-20, melalui tema; 'Polri Bersama TNI dan Instansi Terkait Siap Mengamankan KTT G20 - Recover Together Recover Stronger'.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam pidatonya menekankan apel gelar pasukan dilakukan serentak di Polda Bali, Polda Jatim, dan Polda NTB, guna melakukan pengecekan akhir atas kesiapan pelaksanaan pengamanan, terutama dari aspek personel, maupun sarana-prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemerintah Daerah, BPBD, dan Mitra Kamtibmas. 

“Presidency G20 Indonesia membawa harapan di tengah ketidakpastian global yang dihadapi seluruh dunia. Disrupsi teknologi informasi, pandemic Covid-19, dan Perang Rusia-Ukraina menyebabkan seluruh negara berada dalam situasi sulit. Maka melalui tema ‘Recover Together, Recover Stronger’, diharapkan Presidency G20 ini dapat memberikan solusi perdamaian dan pemulihan dunia yang lebih inklusif,” paparnya, Senin (7/11/2022).

Baca juga:
Libatkan 4.700 Personel, Lat Pra Ops Puri Agung 2022 Dipantau Wakapolri Komjen Pol. Prof. Gatot Eddy   

Kapolri Listyo Sigit dalam pertemuan sekaligus didampingi Kepala Operasi Puri Agung 2022, Komjen Pol Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom, Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., beserta para Pejabat Utama Mabes Polri; Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.Si., Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, SH., M.Si., Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Forkopimda Provinsi Bali, tokoh agama, adat, masyarakat, pemuda, dan lainnya. 

Baginya, Presidensi G20 bukan saja mengacu pada orientasi kepentingan anggota G20, akan tetapi untuk semua pihak dan termasuk negara-negara berkembang, pulau-pulau kecil, dan kelompok rentan. 

“Kedepannya kita semua patut bangga karena akan menjadi bagian pengamanan salah satu momentum bersejarah bagi dunia, khususnya bangsa Indonesia. Tugas pengamanan KTT G20 ini bukan hanya tugas biasa. Tugas ini merupakan tugas mulia yang akan memberikan manfaat bagi seluruh dunia,” tegasnya.

Baca juga:
Damara Village Ubud Alaya Collection Strategis dan Laris Manis, Greenwoods Group Kembali Buka Tahap 2   

Kapolri Listyo Sigit menegaskan sebelumnya Presiden RI Joko Widodo, telah menyampaikan supaya betul-betul menjaga kehormatan dan kepercayaan yang telah diberikan terhadap Indonesia. 

“Jadi tidak boleh ada letupan sekecil apapun. Keberhasilan Presidensi G20 Indonesia akan meningkatkan kredibilitas Indonesia di mata dunia. Syukur alhamdulilah, sampai dengan saat ini seluruh agenda Presidensi berhasil terselenggara dengan aman, nyaman, dan lancar,” tegasnya. 

Ia memberikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya terhadap seluruh pihak yang telah terlibat dalam kelancaran, keamanan, dan kenyamanan Presidensi G20 di Indonesia. 

“Tentu saja keberhasilan ini harus terus kita pertahankan, karena pada tanggal 15-16 November 2022 kita akan menyelenggarakan puncak Presidensi G20 melalui KTT G20,” tandasnya. 012


TAGS :