Olahraga

Duduk di Bangku SMP, Kakak Beradik Juarai Turnamen Billiar

 Jumat, 20 Mei 2022 | Dibaca: 1747 Pengunjung

Kakak beradik Yogi S dan Putra K, saat meraih juara turnamen billiard di Klungkung, Kamis (19/5).

www.mediabali.id, Klungkung. 

Pelaksanaan event turnamen billiard kian menggeliat di masyarakat, selain untuk mengasah skill bermain biliar diharapkan lewat turnamen ini bisa menggali potensi para pemain biliar untuk menjadi atlet hingga berlaga ke ajang nasional, bahkan tingkat internasional.

Turnamen biliar teranyar digelar di Santol Billiard "Bola 15", di Jalan Matahari, Kelurahan Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, selama 3 hari sejak 17-19 Mei 2022. Setelah 148 peserta turut berkompetisi juara I dan juara II diraih oleh kakak-beradik Kadek Yogiswara Mahardika, 17, yang akrab disapa Yogi S, dan Putra Juniartha, 13, yang akrab disapa Putra K, asal Banjar Teruna, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. 

Dalam kompetisi ini, Putra K yang masih duduk di bangku SMPN 1 Blahbatuh ini lolos sebagai juara I sedangkan sang kakak berada di posisi juara II. Atas kemenangan itu, Putra K berhasil memboyong piala dan uang pembinaan sebesar Rp 1,5 juta, dan sang kakak mendapat piala dan uang pembinaan Rp 750 ribu.

"Turnamen ini kita laksanakan selama 3 hari, 2 hari untuk babak penyisihan dan 1 hari untuk babak utama (final),"ujar panitia I Wayan Karya, saat ditemui Sabtu (21/5).

Adapun sistem turnamen ini menggunakan single elimination, dan dibuka untuk umum bagi kelas pemula murni. Namun, untuk semua peserta yang ikut adalah semuanya laki-laki. "Kami berharap lewat turnamen ini bisa mememberikan ruang kepada para pebilliard, terutama para pebilliard muda untuk menggali potensinya, bahkan menjadi atlet dan berkompetisi hingga ajang nasional dan internasional," harap pria yang juga melayani jasa perbaikan meja billiard ini.

Pebilliard lawas asal Banjar Teruna, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar ini, sebelumnya juga bekerjasama dengan Seka Teruna Teruni (STT) Dharma Kanthi Banjar Kebon Kelod, Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, juga sudah menggelar "Open Tournament Billiard" selama 4 hari, sejak 21-24 Februari 2022 lalu, dengan memperebutkan total hadiah yang cukup fantastis. Yakni, juara I sebesar Rp 5 juta, kemudian juara II Rp 2 juta, semi final Rp 1 juta, dan peserta yang lolos 8 besar Rp 250 ribu. "Pelaksanaan turnamen ini sudah berjalan aman dan lancar," kata Karya.

Sementara itu, Ketua STT Dharma Kanthi, I Wayan Adi Wirawan, mengatakan turnamen untuk kelas open ini merupakan kali pertama digelar oleh STT. Untuk turnamen billiard sebelumnya masih bersifat lokal dari kalangan STT saja. "Kita sudah tiga kali menggelar turnamen billiard," kata Wirawan.

Menurut Wirawan, pelaksanaan turnamen ini serangkaian penggalian dana sekaligus untuk meningkatkan kreativitas yang suka bermain billiard. Kedepannya turnamen billiard ini akan rutin dilaksanakan terutama menjelang ulang tahun pemuda. "Kami juga menggelar stand kuliner yang dikelola oleh para muda-mudi," kata Wirawan.*


TAGS :