Teknologi

Diskominfo Karangasem Gencarkan Program Wifi Gratis APIK

 Selasa, 05 Maret 2024 | Dibaca: 221 Pengunjung

Foto: Kadiskominfo Karangasem Arta Negara

www.mediabali.id, Karangasem. 

Dengan berkembangnya pembangunan dan kemajuan masyarakat, kebutuhan akan jaringan internet di Karangasem semakin tinggi. Bupati Karangasem I Gede Dana  terus berupaya menyikapi hal ini dengan membuat terobosan pengembangkan program APIK (Areal Publik Internet Karangasem) dengan pemasangan Wifi gratis untuk memenuhi cakupan layanan internet masyarakat.

Untuk itu, pemerintah Kabupaten Karangasem, lewat Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Karangasem terus menggenjot program APIK (Areal Publik Internet Karangasem) untuk cakupan layanan internet masyarakat sekaligus untuk mendukung Smart City Karangasem dan SPBE Karangasem. Diskominfo menggelontorkan biaya Rp.450juta  setahun untuk membayar tagihan puluhan titik APIK yang ada di seluruh Kabupaten Karangasem.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Karangasem Artha Negara mengakui bahwa pembiayaan program APIK mencapai 450juta setahun. Mantan Camat Abang tersebut menjelaskan bahwa saat ini di Karangasem sudah terpasang 60 Titik APIK yang tersebar di 8 Kecamatan se-Kabupaten Karangasem. Pemasangan tersebut meliputi Tempat Wisata, Kantor Camat, Puskesmas, Balai Banjar, dan tempat publik lainnya. Kedepan pihaknya berencana menyasar seluruh Banjar Adat secara bertahap sehingga lebih dekat lagi pelayanan internet kepada warga. "Targetnya semua Banjar Adat bisa ada Wifi Gratis, " Ujar Artha Negara saat dikonfirmasi, Senin (4/2). 

Disampaikan bahwa karena keterbatasan anggaran maka tahun ini Pemkab Karangasem baru bisa melakukan penambahan 16 titik lokasi pemasangan Wifi Gratis APIK. Kendati demikian, saat ini di Karangasem sudah di backup Wifi Gratis BSI (Bali Smart Island) yang sudah ada di 190 Desa Adat dan 12 Puskesmas di Karangasem. 

Menurut Artha Negara Akses Wi-Fi  gratis ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan perekonomian, kepariwisataan, memperkuat budaya, kesehatan dan pendidikan. "Wi-Fi  gratis ini sekaligus sebagai momentum memulai kreativitas dan inovasi dalam dinamika perubahan yang begitu cepat, namun tetap tidak melupakan akar budaya Bali sebagai spirit dalam mewujudkan Karangasem yang Prakerthi Nadi, " Pungkasnya. Str 


TAGS :