Bisnis

Asistensi WP Laporkan SPT Tahunan dan Pemadanan NIK-NPWP Libatkan 204 Relawan Pajak Bali

 Kamis, 15 Februari 2024 | Dibaca: 303 Pengunjung

Kegiatan Renjani di Kanwil DJP Bali diikuti oleh 204 mahasiswa di Bali. Mereka berperan aktif dan belajar memberikan layanan di bidang perpajakan dan berkomunikasi dengan Wajib Pajak.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) setiap tahun memiliki pekerjaan rumah penting guna meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak (WP).

Langkah penyelesaian pekerjaan rumah tersebut, DJP membuat program relawan pajak yang telah berjalan selama 5 tahun terakhir sejak Tahun 2017.

Saat ini memasuki Tahun 2024, Direktorat Jenderal Pajak melakukan re-Branding kegiatan relawan pajak menjadi Relawan Pajak untuk Negeri (Renjani).

Diketahui Renjani menggandeng perguruan tinggi yang sudah bekerja sama sebagai Tax Center dengan unit Kantor Wilayah (Kanwil) di seluruh Indonesia.

Relawan pajak turut mendorong dan mengajak peran Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kesadaran pajak.

Kanwil DJP Bali pada Selasa (13/2) lalu juga telah mengukuhkan Renjani di Aula Kanwil DJP Bali, yang dihadiri perwakilan mahasiswa dari masing-masing kampus dan para ketua tax center. Renjani akan ditugaskan membantu memberikan asistensi kepada wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan secara daring melalui laman pajak.go.id hingga April 2024 dan membantu kegiatan supporting hingga Desember 2024.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Waskito Eko Nugroho mengatakan bahwa kegiatan Renjani di Kanwil DJP Bali diikuti oleh 204 mahasiswa yang terdiri dari 41 mahasiswa Universitas Warmadewa, 35 mahasiswa Politeknik Negeri Bali, 31 mahasiswa Universitas Dhyana Pura, 34 mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha, 20 mahasiswa Universitas Mahasaraswati, 30 mahasiswa Universitas Hindu Indonesia, dan 13 mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional.

"Para relawan ini sudah mengikuti pelatihan dari bulan Desember 2023 hingga awal Februari 2024, terkait tata cara pelaporan SPT Tahunan dan pelatihan communication skill, sehingga para relawan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan kegiatan Renjani,” ujar Nurbaeti, dalam informasi diterima Media Bali, Kamis (15/2/2024).

Kepala Kanwil DJP Bali yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap para relawan dan tax center organisasi mitra yang telah membantu Kanwil DJP Bali selama ini.

"Adik-adik di sini memiliki kesempatan yang sangat luas belajar dan memperoleh pengalaman berinteraksi langsung dengan pahlawan negara, Wajib Pajak, para pembayar pajak. Meskipun hanya membantu wajib pajak orang pribadi karyawan dengan mengisi formulir 1770SS dan 1770S serta wajib pajak orang pribadi yang berkegiatan usaha dengan formulir 1770,” kata Nurbaeti.

Ni Luh Putu Sri Purnama Pradnyani, SE., M.Si., Ak., CA., selaku Ketua Tax Center Universitas Dhyana Pura mewakili Ketua Tax Center di Bali memberikan ucapan terima kasih kepada DJP yang telah memberikan kepercayaan kepada generasi muda kampus untuk berpartisipasi langsung dalam kegiatan Renjani.

”Kami berpesan kepada teman-teman relawan untuk dapat memanfaatkan dan mempelajari sebanyak-banyaknya pada kesempatan yang diberikan ini, di mana dapat terjun langsung ke lapangan bertemu masyarakat memberikan layanan, khususnya di bidang perpajakan. Selain itu, bagaimana cara berkomunikasi dengan wajib pajak dari skill yang dapat kita pelajari, yaitu; skill berkomunikasi, hal ini tidak bisa l dipelajari satu hari dua hari, skill komunikasi ini sangat penting sekali,” ungkap Sri Purnama. 012

 


TAGS :