Bisnis

Akses Digitalisasi, BI Tingkatkan Pasar Global UMKM

 Rabu, 21 Februari 2024 | Dibaca: 248 Pengunjung

Dorong peningkatan UMKM lokal dan digitalisasi lewat implementasi QRIS, Rabu (21/2/2024)

www.mediabali.id, Denpasar. 

Onboarding UMKM secara hybrid digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, dengan tema 'Akselerasi UMKM Bali: Go Digital Go Global', Rabu, (21/2/2024)

Hadir tamu undangan di antaranya: Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah; Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja; dan Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali.I Wayan Jarta.

Secara hybrid kegiatan dilaksanakan di Grha Tirta Gangga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali serta melalui platform Zoom dengan total peserta mencapai 150 UMKM dari Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Penyelenggaraan Onboarding UMKM ini merupakan salah satu upaya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali untuk meningkatkan kapasitas UMKM, khususnya pemanfaatan platform digital untuk memperluas akses pasar nasional maupun global.

Narasumber yang hadir berasal dari pelaku e-Commerce terkemuka di tanah air, yaitu Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Ada pula narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memberikan materi literasi keuangan serta waspada investasi dan pinjaman online ilegal. 

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Siti Azizah menyoroti potensi besar yang belum dioptimalkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah selain Bali bagian Selatan. 

"Pelaku UMKM memiliki peluang besar untuk terus berkembang, namun perlu adanya adopsi digitalisasi terutama untuk menghadapi tantangan khususnya dalam konteks globalisasi," katanya.

Siti Azizah menggarisbawahi peranan krusial generasi muda yang adaptif, kreatif, dan inovatif dapat menjadi motor penggerak perekonomian. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja, menambahkan pertumbuhan ekonomi Bali selama Tahun 2023 tercatat sebesar 5,71% (yoy), lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 5,04% (yoy).

"Di mana pertumbuhan ekonomi Bali tersebut didorong kinerja lapangan usaha yang berkaitan dengan pariwisata seiring meningkatnya kunjungan wisatawan domestik serta mancanegara," ucapnya.

Diterangkan Erwin, dari sisi perkembangan harga, Bali tercatat mengalami deflasi sebesar -0,09% (mtm) pada Januari 2024 atau inflasi secara tahunan sebesar 2,61% (yoy), masih dalam kisaran target inflasi 2024, yaitu 2,5%±1%. 

"Pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta inflasi yang stabil ini tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten se-Bali, serta pelaku usaha termasuk UMKM," kata dia.

Pihaknya merasa dengan dukungan seluruh pihak, transformasi ekonomi Bali menuju Bali yang hijau, tangguh dan sejahtera dapat terwujud.

"Semangat dan tingginya animo UMKM untuk pengembangan ke depan diharapkan dapat menjadi pendorong agar UMKM Bali dapat lebih berperan dalam peningkatan ekonomi di Bali yang inklusif," tegas Erwin.

Ketua Harian Dekranasda Provinsi Bali I Wayan Jarta memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang aktif membina dan mendorong UMKM Bali untuk mengoptimalkan platform digital dan mengakselerasi pasar global. 

Jarta mengungkapkan digitalisasi bukan lagi pilihan melainkan suatu keharusan dalam menghadapi dinamika pasar dalam negeri maupun pasar global. 

"Adanya kolaborasi antar sesama UMKM sebagai langkah strategis dalam meningkatkan ekonomi lokal serta menjaga kelestarian warisan budaya lokal di Bali melalui produk kerajinan," ucapnya.

Dekranasda Provinsi Bali, selalu siap menjadi mitra terpercaya dalam mengembangkan pelaku UMKM. 

Advisor Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Butet Linda H. Panjaitan menuturkan dari sisi pembayaran digital, Bank Indonesia juga mengapresiasi UMKM atas partisipasi aktifnya dalam penggunaan QRIS yang tercermin dari tingginya volume dan nilai transaksi melalui kanal pembayaran tersebut. 

"Seiring didorongnya implementasi QRIS antar negara, diharapkan penggunaan QRIS dapat mendorong UMKM agar dapat mengakses pasar yang lebih luas, khususnya wisatawan. mancanegara," bebernya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan kick off Road to Bali Jagadhita 2024. Bali Jagadhita merupakan event tahunan Bank Indonesia Bali yang tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-5 dan telah masuk calender of event pariwisata Bali. 

Rangkaian kegiatan Bali Jagadhita 2024 mencakup di antaranya pelatihan, peningkatan kapasitas, business matching, digitalisasi UMKM.

Kegiatan Bali Jagadhita tahun 2024 akan diperluas tidak hanya dari aspek perdagangan namun juga menjangkau aspek pariwisata dan investasi, yang puncaknya akan diselenggarakan pada Juni mendatang.


TAGS :