Politik

Elektabilitas Gerindra Salip PDI Perjuangan, Wayan Baru Siap Putihkan Klungkung

 Rabu, 20 Desember 2023 | Dibaca: 671 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

LSI Denny JA merilis survei terkait elektabilitas partai politik menjelang Pemilu 2024. Dalam survei LSI Denny JA, Gerindra mendapatkan elektabilitas 19,5 persen, ditempel PDIP dengan 19,3 persen.

Survei ini dilakukan pada 20 November hingga 3 Desember 2023 terhadap 1.200 responden yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah yang memiliki hak pilih. Metode sampling survei adalah multi-stage random sampling.

Survei LSI Denny JA ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode tatap muka dengan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 persen. Survei juga dilengkapi dengan riset kualitatif. Hasil survei LSI Dennya JA semakin memperkuat hasil survei Litbang Kompas sebelumnya yang menyatakan elektabilitas Partai Gerindra menduduki posisi pertama dengan 21,9 persen diikuti PDI Perjuangan 18,3 persen.

Dengan hasil survei tersebut Ketua DPC Gerindra Klungkung optimis mampu putihkan Klungkung pada Pilpres 2023 nanti. Menurutnya dukungan Presiden Jokowi telah membuat pendukung Prabowo dan Jokowi menjadi menyatu. "Kita rasakan dukungan masyarakat Klungkung kepada kepemimpinan Presiden Jokowi sangat besar. Kini kekuatan pendukung Prabowo dan Jokowi di Klungkung telah menyatu dan melebur mendukung Prabowo-Gibran," tutur Wayan Baru, Rabu (20/12/2023).

Wayan Baru pun optimis dapat putihkan Klungkung untuk memenangkan paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Menurutnya pasangan Prabowo-Gibran telah mampu mendongkrak elektabilitas Partai Gerindra dan tidak dipungkiri mampu meningkatkan pemilih Partai Gerindra baik di Pilpres dan Pileg. "Pemilunya dilakukan secara serentak. Jadi tingginya pemilih Prabowo-Gibran kemungkinan besar juga akan memilih Caleg Partai Gerindra," tuturnya.

Dengan peningkatan elektabilitas Partai Gerindra ini diharapkan dapat menambah jumlah kursi anggota DPRD Klungkung. Pihaknya menarget untuk menambah kursi DPRD Klungkung minimal satu kursi dari sebelumnya 8 kursi. Selanjutnya untuk DPRD Provinsi ditarget menambah satu kursi dari sebelumnya hanya satu orang saja.

Untuk DPR RI pihaknya berharap Klungkung bisa bersatu untuk memilih Ida Bagus Putu Madeg. "Seperti tusuk sate kita akan mendukung Prabowo-Gibran sekaligus caleg dari Partai Gerindra," pungkasnya. (*)


TAGS :