Ekonomi

Digitalisasi Pasar Rakyat Tematik Wisata Ubud, Perluas Edukasi Program Livin’ Pasar Bank Mandiri

 Sabtu, 28 Oktober 2023 | Dibaca: 376 Pengunjung

Suasana sosialisasi ke para pedagang di Pasar Rakyat Tematik Ubud, Kab. Gianyar atas pemanfaatan Livin' Pasar, yang diedukasi Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin, Sabtu (28/10/2023).

www.mediabali.id, Gianyar. 

Komitmen nyata ditunjukkan Bank Mandiri dalam upaya mendorong inklusi keuangan masyarakat melalui berbagai inisiatif digital.

Bank dengan bersandi saham BMRI ini menunjukkan wujud aspirasi perusahaan menjadi urban lokomotif, di mana melalui berbagai program dukungan pertumbuhan ekonomi kerakyatan di wilayah perkotaan.

"Apresiasi kami sebesar-besarnya kepada Bapak Ibu undangan nasabah dan debitur atas supportnya kepada kami sehingga kegiatan ini mampu berjalan lancar. Kami terus meningkatkan akses layanan bagi usaha rakyat dan memberikan solusi, seperti sekarang ini kita luncurkan Livin Pasar. Inovasi ini untuk memenuhi kebutuhan para pedagang kecil hingga pedagang kelontong di pasaran. Lewat Livin Pasar, para pedagang bisa meningkatkan daya jual digital mereka," ujar Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin dalam pembukaan sambutannya di Pasar Rakyat Tematik Ubud, Kabupaten Gianyar, Sabtu (28/10/2023).

Bagi Ahmad Siddik, fokus pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), apabila Bank Mandiri telah menggencarkan Program Livin’ Pasar yang mendukung UMKM naik kelas melalui digitalisasi yang dapat meningkatkan efisiensi.

Tidak saja di Pasar Tematik Ubud atau Pasar Ubud, Livin Pasar turut digelar di Pasar Badung dan Kumbasari. Program Livin’ Pasar mengimplementasikan amanah dari Bank Indonesia dalam digitalisasi pembayaran melalui Livin’ Merchant dan juga mendukung program OJK dengan menghadirkan layanan Laku Pandai, yaitu Mandiri Agen.

"Mudah-mudahan kita dapat bersinergi dengan lebih baik, sehingga para pedagang dapat tumbuh lebih sukses. Kami juga akan menggali masukan agar antar pedagang dapat meningkatkan proses bisnisnya, investaris stok, pencatatan mutasi transaksi ke depan untuk mengurangi proses manual. Kami pun berharap hubungan baik dengan Pemkab Gianyar dan Disperindag dapat berjalan dengan baik ke depan," tegasnya di dampingi perwakilan Bank Indonesia, OJK, dan RCEO Bank Mandiri Region XI /Bali dan Nusa Tenggara Winardi Legowo.

Ahmad Siddik menambahkan bahwa inisiatif program yang digelar sebagai rangkaian perayaan HUT Ke-25 ini adalah komitmen perseroan untuk mendorong transaksi non tunai, sekaligus mendukung peningkatan inklusi keuangan di Tanah Air.

“Implementasi program ini diharapkan mampu memperluas akseptasi pembayaran digital salah satunya lewat penggunaan Livin’ Merchant untuk pedagang. Sehingga memberikan dampak positif berupa peningkatan kegiatan transaksi non tunai ke depan, termasuk mendorong pelaku UMKM agar naik kelas,” bebernya.

Keberadaaan Bank Mandiri menawarkan solusi perbankan yang handal terhadap seluruh ekosistem pasar yang terintegrasi mulai dari supplier, distributor, logistik, penjual maupun pembeli dengan layanan Mandiri Agen di dalamnya yang menyediakan layanan perbankan dan layanan keuangan sehingga nasabah tidak perlu datang ke cabang.

Diungkapkan Winardi Legowo bahwa terdapat program Welcoming Gift Livin’ Merchant, Program Cashback Livin’ by Mandiri, Program Aktivasi Mandiri Agen di Livin’ Pasar dan Program Buka Rekening Jadi Untung.

Ia berharap program-program ini dapat mendorong minat transaksi masyarakat dalam menggunakan channel pembayaran di Super Apps Livin’ by Mandiri

Kata Winardi, para pedagang yang aktif bertransaksi jual beli menggunakan Livin’ Merchant dapat mengikuti program racing poin pedagang. Karea itulah, inisiatif ini memberi kesempatan terhadap penjual lebih luas dalam mendapatkan sepeda motor dan logam mulia di akhir periode pada 31 Desember 2023.

“Tentu kami berharap dengan adanya digitalisasi pasar ini, transaksi non tunai dapat meningkat sehingga dapat secara langsung mempermudah kebutuhan pembayaran masyarakat dan tentunya turut mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia,” terang Winardi.

Dikatakan Winardi telah disiapkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang berbunga murah bagi pedagang pasar, sehingga dapat memberdayakan ekosistem pasar di wilayah Bali. Oleh sebab itu, fasilitas ini diharapkan mampu sebagai modal dalam mendukung UMKM, terutama pedagang secara lebih nyata.

Para pedagang pun supaya meningkatkan akses digitalisasi, di dalam meningkatkan akses Bank Mandiri dengan para pedagang pasar seni Ubud.

“Kami juga mengadakan program tebus murah paket sembako menggunakan Livin’ by Mandiri di Livin’ merchant untuk semakin mengenalkan para pedagang dan pengunjung pasar dengan cara belanja sat set ala Bank Mandiri,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar Ni Luh Gede Eka Suary, mewakili Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa menerangkan bahwa keberadaaan Pasar Rakyat Tematik Wisata Ubud, dengan termasuk memasang logo Wonderful Indonesia sudah dipasang di sebelah barat pada pintu masuk.

"Adanya logo Wonderful Indonesia menandakan pasar kami sudah go internasional. Kami membangun pasar ini dengan berbagai pihak lewat penuh semangat. Pengelolaan. Di sini juga pasarnya hadir bertema, seperti ada Pasar Bapok atau Bahan Pokok yang sudah buka dari jam 4 pagi sampai 9 malam. Ada Pasar Seni, dan lain-lainnya," tegasnya.

Dalam sambutan dibacakan, Eka Suary juga menyinggung siapa saja yang ingin membantu memajukan pasar tidak ada masalah ke depan.

"Siapa pun yang ingin memajukan pasar asal tidak bersebrangan produknya, ya silahkan. Jadi Bank Mandiri sudah memberi saran untuk memajukan lewat Livin Pasar, dengan digitalisasi. Maka para pedagang dan pembeli bisa terbantu lewat digitalisasi. Maka lewat program Livin Pasar diharapkan dapat memberi edukasi kepada pedagang dan pembeli di pasar, mereka walau punya QRIS kalau tidak ada diedukasi mereka justru masih lebih baik pakai uang cash. Jadi tetaplah perlu diedukasi ke depan," tandasnya.

Tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking.

Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beragam perusahaan anak untuk menyediakan bermacam produk dan jasa serta mendukung bisnis utamanya, yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura).

Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail.

Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API). Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu  prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.

Hingga Juni 2023, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.327 jaringan kantor, termasuk cabang digital (smart branch), kantor cabang dan kantor mikro.

Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.034 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC), Livin’ Merchant serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin' by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000. Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id. 012

 


TAGS :