Pendidikan

Universitas STEKOM Semarang Gelar Diskusi di Bali, Bertajuk 1st Indonesia Vocational Link and Match 2023

 Senin, 13 November 2023 | Dibaca: 431 Pengunjung

Segera untuk dapat diikuti event '1st Indonesia Vocational Link and Match 2023', akan digelar di Aston Denpasar Hotel and Convention Center, pada 17-20 November 2023.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Universitas Sains & Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) Semarang, Jawa Tengah, segera akan menggelar diskusi/debat terbuka vokasi nasional, di antara melibatkan Perusahaan Vs SMA/SMK Mou bersama Perusahaan Vs Institusi Pendidikan. Selain itu, expo kewirausahaan ribuan produk SMK di Bali.

Penyelenggaraan event bertajuk '1st Indonesia Vocational Link and Match 2023', akan digelar di Aston Denpasar Hotel and Convention Center, pada 17-20 November 2023. Menariknya, Universitas STEKOM Semarang yang berada di Jalan Majapahit No. 605 Pedurungan Kidul ini akan menghadirkan pembicara ternama, seperti Prof. Slamet PH. MA., MEd., MLHR., MA., Ph.D; Wikan Sakarinto, ST., M.Sc., Ph.D; dan Dr. Ir. Wayan Koster, MM.

Peserta vokasi melibatkan siswa-siswi SMA/SMK beserta Ketua/Tim BKK, Tracer Study, Kewirausahaan di Bali. Hal ini sebagai bentuk tindakan nyata turut melaksanakan Perpres 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi dan dalam rangka memperkuat dan mengakselerasi Link and Match antara Institusi Pendidikan dan Dunia Usaha dan Industri.

"Universitas STEKOM Semarang bekerja sama dengan Perkumpulan Komunitas Industri dan Vokasi (Perkivi), Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC) dan didukung oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Bali, Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Kadin Provinsi Bali, beserta seluruh stakeholder terkait," ujar Rektor Universitas STEKOM Dr. Joseph Teguh Santoso, M.Kom., Senin (13/11/2023).

Dr. Joseph memaparkan para lulusan SMK/SMA/MA yang tidak meneruskan studi lanjut ke pendidikan tinggi, termasuk dalam peserta didik yang perlu disiapkan dan diberikan pendidikan vokasi untuk bekerja dan atau berwirausaha.

Karena itulah, sangat diperlukan: 1. Kerja sama, sinergitas dan kolaborasi antar seluruh stakeholder; 2. Ekosistem yang mendukung bersama pemangku kepentingan; 3. Harmonisasi pendidikan vokasi sehingga sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja; 4. Strategi yang sejalan dengan strategi industri.

"Kami dengan kerendahan hati mengajak seluruh ekosistem untuk bersama sama-sama hadir dalam '1st Indonesian Vocational Link and Match 2023', sebuah acara yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem vokasi kemitraan dan kerja sama harmonisasi antara seluruh stakeholder terkait," ujarnya.

Momentun '1st Indonesian Vocational Link and Match 2023' akan memberi berbagai peluang dan benefit, yakni: 1. Kesempatan untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan ratusan perusahaan; 2. Workshop bersertifikat 32 JP yang akan memberikan wawasan praktis yang bermanfaat mengenai pengelolaan E-BKK serta Tracer Study melalui sebuah platform yang terintregrasi langsung dengan pasar kerja (Toploker.com ); 3. Sharing dan Diskusi: Para pemimpin industri terkemuka akan berbagi pengalaman dan wawasan tentang perkembangan terkini dalam industri, tantangan yang dihadapi, dan peluang yang ada; 4. Expo Kewirausahaan produk Vokasi (10 institusi terpilih di Provinsi Bali). Melalui '1st Indonesian Vocational Link and Match 2023', diharapkan dapat membangun kemitraan yang lebih erat antara institusi vokasi, institusi pendidikan, industri, dan siswa.

"Kami meyakini bahwa dengan memperkuat hubungan ini, tentu kita semu dapat menghasilkan lulusan vokasi yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang terus berkembang," beber Dr. Joseph.

Berbagai macam kegiatan diungkapkan Dr. Joseph, seperti 1. Sharing dan Diskusi: Para pemimpin industri terkemuka akan berbagi pengalaman dan wawasan tentang perkembangan terkini dalam industri, tantangan yang dihadapi, dan peluang yang ada. Para ahli dan praktisi akan terlibat dalam diskusi panel yang mendalam mengenai isu-isu kunci dalam bidang vokasi, memberikan perspektif yang beragam dan pemahaman yang lebih mendalam; 2. Menjaring Koneksi: Peserta acara akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan menjalin koneksi dengan perwakilan perusahaan dan institusi vokasi. Sesi ini akan menciptakan ruang untuk pertukaran ide, kolaborasi, dan peluang kerja sama;

3. MoU bersama Dudika: Penandatanganan MoU, institusi pendidikan dan DUDIKA akan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang melibatkan komitmen jangka panjang dalam bidang pendidikan vokasi, kolaborasi, pertukaran pengetahuan, dan peluang kerja sama lainnya; 4. Penjelasan Bursa Kerja Khusus (BKK) dan Tracer Study gratis: Ahli bursa kerja akan memberikan penjelasan mendalam tentang pentingnya bursa kerja khusus dalam mengarahkan siswa menuju pilihan karir yang sesuai dengan minat dan potensi mereka. Mentor ahli akan memaparkan pentingnya pelacakan jejak lulusan dan manfaatnya dalam memahami keberhasilan karir mereka serta memberikan masukan bagi penyempurnaan program pendidikan vokasi di masa mendatang; 5. Expo Kewirausahaan: Pameran Produk dan Inovasi terpilih dari 30 SMK di provinsi Bali, ribuan produk kewirausahaan SMK, layanan, dan inovasi mereka kepada peserta acara. Expo ini akan memberikan wawasan tentang potensi kewirausahaan di bidang vokasi serta menjadi platform bagi kolaborasi dan pertukaran ide.

Pelaksanaan diskusi vokasi nasional dan expo kewirausahaan SMK se-Provinsi Bali dalam acara 1st Indonesia Vocational Link and Match, untuk link pendaftaran melalui link berikut: https://ivlm.stekom.ac.id/spesial

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi. Bapak Josh di No. 08564-9999-000, atau kontak lainnya dapat dilihat di: https://linktr.ee/csivlm (012)


TAGS :