Ajeg Bali

Puncak Karya Pura Dalem Manik Penataran Agung Lemintang, Walikota Jaya Negara Tampil Ngayah Tari Topeng

 Rabu, 10 Mei 2023 | Dibaca: 360 Pengunjung

Walikota Denpasar Jaya Negara dan para undangan, hadiri Puncak Karya Ngenteg Linggih, Padudusan Agung di Pura Dalem Manik Penataran Agung, Pura Dalem Kahyangan, dan Pura Taman Beji Lemintang, Br. Lumintang, Rabu (10/5/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Prosesi Karya Agung Malik Sumpah, Tabuh Gentuh, Mupuk Pedagingan, Ngenteg Linggih, dan Padudusan Agung di Pura Dalem Manik Penataran Agung, Pura Dalem Kahyangan, beserta Pura Taman Beji Lemintang, Banjar Lumintang dihadiri langsung Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, pada Buda Umanis Wuku Dukut, Rabu (10/5/2023).

Sejumlah tokoh hadir saat puncak karya; Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar I Ketut Suteja Kumara, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, IB Alit Antara, Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara, dan lainnya.

Menariknya di dalam puncak karya, masyarakat dan undangan menyaksikan Walikota Jaya Negara yang ngayah mesolah Topeng Dalem Arsa Wijaya.

Selain itu, puncak karya diiringi berbagai wewalian, seperti Tabuh Gong Semarepegulingan, Saron Luang Semarandhana, Selonding, Kidung, sesolahan Rejang Dewa, Baris Gede, Baris Wayang dan Topeng Wali. 

Rangkaian puncak karya selanjutnya diakhiri dengan sembahyang bersama, dipuput oleh Ide Pedanda Gede Putu Kediri, Ida Pedanda Wayahan Wanasari dan Ida Pedanda Budha Istri, Griya Alangkadjeng Nongan. 

Jro Mangku Ketut Sudiartha selaku Manggala Karya mengatakan mengenai rangkaian karya diawali dengan matur piuning karya yang telah dilaksanakan pada 21 Maret 2023 lalu. 

"Disusul berbagai rangkaian seperti Negteg Beras, Ngingsah dan Tawur, serta puncak karya. Rangkaian puncak karya turut diawali dengan Medatengan, Ngenteg Linggih Wali Padudusan Agung, Mendak Ida Bhatara dan Mapeselang," ucapnya.

Ditambahkan Mangku Sudiartha, usai puncak karya, Ida Bhatara akan nyejer hingga 17 Mei 2023 dan nyineb dilaksanakan pada 18 Mei 2023, di mana dilanjutkan dengan napak pertiwi dengan sesolahan calonarang. 

"Dengan pelaksanaan karya ini semoga Ida Sesuhunan yang berstana di Pura Dalem Manik Penataran Agung, Pura Dalem Kahyangan dan Pura Taman Beji Lemintang memberikan berkah kerahayuan kerahajengan kepada kita semua," imbuhnya.

Diutarakan Walikota Denpasar Jaya Negara, pelaksanaan Karya Agung Malik Sumpah, Tabuh Gentuh, Mupuk Pedagingan, Ngenteg Linggih dan Padudusan Agung di Pura Dalem Manik Penataran Agung, Pura Dalem Kahyangan dan Pura Taman Beji Lemintang ini adalah momentum terhadap seluruh masyarakat untuk selalu eling dan meningkatkan srada bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa.

Jaya Negara menilai sudah sepatutnya seluruh elemen masyarakat, utamanya krama desa, khususnya Banjar Lumintang menjadikan momentum ini untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi Tri Hita Karana.

"Maka melalui pelaksanaan Karya Agung ini mari kita tingkatkan rasa sradha bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai impelementasi Tri Hita Karana," demikian Jaya Negara. 012


TAGS :