Lingkungan

Yayasan Cakra Mukya Wanantara Perjuangkan Lingkungan Alam dan Sumber Energi Terbarukan

 Sabtu, 28 Januari 2023 | Dibaca: 509 Pengunjung

Penanaman bibit pohon upakara di sekitar Pura Luhur Batu Lumbung, Tabanan, dihadiri Ketua Yayasan Cakra Mukya Wanantara Dr. I Made Pria Dharsana, dan pengurus lainnya, Sabtu (28/1/2023).

www.mediabali.id, Tabanan. 

Pengurus Yayasan Cakra Mukya Wanantara mengadakan kegiatan persembahyangan dan menanam bibit pohon upakara dalam rangka pelestarian alam hutan lindung di sekitar Pura Luhur Batu Lumbung Desa Adat Soka-Desa Senganan, Kec. Penebel, Tabanan.

Ada 55 jenis bibit pohon yang ditanam, seperti Nagasari, Cemara Gunung, Cendana, Gaharu, Majegau, Kemiri, Pinang, Sandat Bali, Pala, Tigaron, dan juga Bodi.

Ketua Umum Yayasan Cakra Mukya Wanantara Dr. I Made Pria Dharsana, SH, M.Hum., mengatakan penanaman pohon upakara sekaligus me-launching Yayasan Cakra Mukya Wanantara, pasca ditetapkan pada tanggal 22 Agustus 2022 sesuai Akta Notaris Nomor 3 dengan berkedudukan di Kota Denpasar. 

"Hal ini sebagai momentum launching Yayasan Cakra Mukya Wanantara bersama-sama warga di sekitar," ujarnya, Sabtu (28/1/2023).

Yayasan Cakra Mukya Wanantara, kata Made Pria, bergerak di bidang yang berkaitan dengan lingkungan alam sebagai sumber kehidupan dan sumber energi terbarukan. Anggota yayasan ini juga tergabung dari para praktisi dan ahli di Bali.

"Kami harapkan sinergi ini dapat menjadi hal positif untuk lingkungan dan mampu mewujudkan Bali mandiri energi," katanya.

Ditambahkan Wakil Ketua Pengurus Yayasan Cakra Mukya Wanantara Prof. Ida Ayu Giriantari, melalui pemanfaatan kajian di lapangan akan memberi pemahaman sekaligus informasi dini ke masyarakat menyangkut transisi energi di masyarakat.

"Kemungkinan sumber air di sini dapat dijadikan energi terbarukan karena cukup besar. Namun, energi surya sudah pasti bisa menjadi sumber terbarukan di sini (Desa Adat Soka-red)" ucapnya.

Selain, Dr. Made Pria dan Prof. Dayu, kegiatan yayasan yang didirikan oleh Dr. I Gusti Putu Anindya Putra, M.Si., turut dihadiri para pakar dan ilmuwan, seperti Drs. Komang Paramartha, Ms., Dr. Ir. Oka Suardi, Ir. Putu Dana, Ir. Bali Santono, Wiwiek, Guntur AP, SH., Amik, dan Anjarini, SH, M.KN, serta Staf Ahli Bupati Tabanan Ida Bagus Wiratmaja.

Ucapan apresiasi dan terima kasih disampaikan Bandesa Adat Soka I Wayan Esiawan atas upaya dari Yayasan Cakra Mukya Wanantara, atas perhatiannya menanam berbagai bibit pohon yang sangat bermanfaat kedepannya.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para pengurus Yayasan Cakra Mukya Wanantara, yang sudah menanam bibit pohon sebagai sarana upakara pujawali Ida Bhatara Pura Batu Lumbung," ucapnya didampingi Mangku Gede Pura Batu Lumbung Jero Mangku Wayan Mariasa. 012


TAGS :