Lingkungan

Yayasan Cahaya Cinta Kasih Beri Edukasi Tentang Eco Enzyme, Lindungi Bumi dari Pemanasan Global

 Jumat, 19 Mei 2023 | Dibaca: 286 Pengunjung

Yayasan Cahaya Cinta Kasih memberi edukasi pemanfaatan Eco Enzyme dalam menjaga ekosistem dan keseimbangan alam, khususnya dari dampak gelombang panas bumi, Jumat (19/5/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Kondisi iklim dan gelombang panas yang tidak menentu, tentu saja harus disikapi dengan pola penanganan lingkungan yang bijaksana dan menjaga ekosistem di masyarakat menjadi lebih baik.

Menurut Dewa Bayu Wirawan selaku relawan Eco Enzyme Bali Tangi, perspektif baru tentang tiga sikap umum yang muncul ketika menghadapi munculnya gelombang panas: Flight (menghindar), Fight (menghadapi), atau Freeze (berdiam diri).

Tentu saja, beberapa pihak merasa tidak terlalu terpengaruh karena musibah terjadi di Eropa yang jauh dari mereka (Flight).

Kemudian, ada yang lebih fokus pada kepentingan pribadi dan menganggap isu pemanasan global tidak menjadi masalah yang perlu mereka hadapi secara langsung (Fight). Sementara itu, ada yang memilih untuk tetap diam dan merasa tidak memiliki kekuatan untuk mengubah situasi (Freeze). 

Bagi Dewa Wirawan dalam menghadapi tantangan ini, Yayasan Cahaya Cinta Kasih bersama dengan Bali Tangi memutuskan untuk mengambil langkah pro aktif. 

Sebab, menyadari bahwa gaya hidup bijak dalam pengelolaan sampah dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi lingkungan dan manusia. 

"Salah satu solusi yang efektif adalah penggunaan eco enzyme, yaitu cairan yang dihasilkan dari fermentasi sampah organik, gula, dan air," ujarnya, Jumat (19/5/2023).

Ia menerangkan pelatihan Eco Enzyme oleh Yayasan Cahaya Cinta Kasih di SOUL Center Denpasar dimulai tanggal 18 Mei 2023 merupakan acara yang kedua kalinya dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pembuatan dan manfaat eco enzyme. 

"Eco enzyme memiliki berbagai kegunaan, termasuk sebagai disinfektan, pembersih udara, pembersih lantai, dan penghilang minyak di kompor. Selain itu, eco enzyme juga dapat membantu mengurangi populasi nyamuk, menetralisir bahan kimia dalam saluran air, dan menyegarkan lingkungan dengan menghilangkan bau tak sedap di saluran air, sungai, dan danau," ucap Dewa Wirawan.

Selanjutnya, Sekretaris Yayasan Cahaya Cinta Kasih Bapak Putu Meganada mengungkapkan adanya pelatihan pembuatan eco enzyme sebagai bagian dari program YCCK dalam mencintai semesta dan alam. 

Meganada menambahkan Yayasan sebelumnya telah melakukan meditasi penyembuhan bumi secara non-fisik dan telah mengadakan pelatihan ini di tiga kota besar, yaitu Denpasar, Jakarta, dan Surabaya. 

"Maka tujuan dari pelatihan ini tetap sama, yaitu untuk mengajarkan masyarakat tentang pentingnya penggunaan eco enzyme. Yayasan Cahaya Cinta Kasih berencana untuk menuangkan eco enzyme di Danau Batur dengan melibatkan para pencinta lingkungan dan berkolaborasi dengan SOUL Community," ujarnya.

Lanjut Meganada, bahwa penerapan eco enzyme dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat dapat aktif berkontribusi dalam mengurangi sampah organik dan menjaga keseimbangan lingkungan.

Oleh sebab itu, Yayasan Cahaya Cinta Kasih berharap bahwa melalui pelatihan ini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah organik akan meningkat. 

"Kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan untuk masa depan bumi yang lebih baik," tegasnya.

Tentang Yayasan Cahaya Cinta Kasih 
Yayasan Cahaya Cinta Kasih adalah organisasi sosial yang didirikan pada tahun 2012 oleh Bunda Arsaningsih. 

Yayasan ini bertujuan untuk melakukan kegiatan kemanusiaan dan membentuk karakter berdasarkan cinta kasih dengan metode SOUL yang mudah diterapkan. 

Visi dari Yayasan Cahaya Cinta Kasih adalah untuk melakukan kegiatan sosial secara berkala di lingkungan masyarakat dengan berbagai komunitas, dokter, dan paramedis. 

Yayasan ini juga memberikan pemahaman dan pembelajaran metode SOUL kepada anak-anak sekolah, sehingga dapat membentuk karakter diri yang positif sejak dini.

Dengan visi dan misinya, Yayasan Cahaya Cinta Kasih berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia.

Soul Action adalah salah satu program dari Yayasan Cahaya Cinta Kasih sebagai wadah yang dibentuk untuk mendorong aksi sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Melalui Soul Action, setiap orang dapat terlibat dalam kegiatan sosial dengan memberikan waktu, tenaga, atau sumber daya yang dimilikinya. 

Soul Action mengajak masyarakat untuk berbagi dan melayani sesama, serta menciptakan perubahan positif dalam lingkungan sekitar. Program-program ini meliputi kegiatan sosial seperti bakti sosial, aksi bersih-bersih lingkungan, kampanye sosial, dan sebagainya.

Selain itu, Soul Action juga mengajak masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan relawan dan donor darah, sebagai bentuk dukungan kepada orang-orang yang membutuhkan. Soul Action percaya bahwa setiap individu memiliki potensi untuk melakukan aksi sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. 012


TAGS :