Pendidikan

Tes Kemampuan Bahasa Inggris, PIB Kolaborasi dengan British Council EnglishScore  

 Rabu, 11 Januari 2023 | Dibaca: 669 Pengunjung

TES BAHASA INGGRIS - Kolaborasi PIB dan British Council EnglishScore Indonesia diresmikan secara daring oleh Direktur Politeknik Internasional Bali, Prof. Anastasia Sulistyawati, Rabu (11/1/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Teknologi informasi mendorong individu masyarakat dalam mengembangkan pendidikan dan karir masa depan, salah satunya melalui kemampuan tes berbahasa Inggris. Kini tes bahasa Inggris dipermudah dalam jaringan (daring) sesuai kebutuhan peruntukannya.

Kali ini, Politeknik Internasional Bali (PIB) menggelar kolaborasi British Council EnglishScore Indonesia, untuk membantu kebutuhan pusat tes kemampuan bahasa Inggris dengan standar dunia. Hal ini akan menciptakan daya saing terhadap generasi muda, khususnya meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Kemudian terhadap peresmiannya, Rabu (11/1/2023) kemarin dilakukan melalui daring oleh Direktur Politeknik Internasional Bali, Prof. Dr. Ir. Anastasia Sulistyawati, MM., MS., M.Mis., D.Th., Ph.D., D.Ag., dari Kampus PIB Jalan Pantai Nyanyi, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan.

Diungkapkan Prof. Sulistyawati, penerapan kolaborasi ini bertujuan agar PIB mampu melangkah maju sebagai lembaga pendidikan berstandar internasional.

Adanya tes secara daring akan memudahkan mahasiswa dan siswa SMA/SMK dalam mengetahui level bahasa Inggrisnya. Hal ini pula untuk keperluan melanjutkan pendidikan atau mencari pekerjaan. 

“Saya berharap keberadaan test centre ini dapat menjadi nilai tambah bagi lulusan PIB Bali, serta dapat melayani publik dalam mengakses tes kemahiran berbahasa Inggris dengan lebih mudah,” kata Prof. Sulistyawati. 

Ditambahkan Wakil Direktur Politeknik Internasional Bali, Dr. Paulus Herry Arianto, MA., CBC., melalui kolaborasi dibangun sebagai upaya meningkatkan literasi bahasa Inggris mahasiswa PIB, termasuk masyarakat di Bali. Melalui pemahaman bahasa Inggris, minimal pula mampu membantu mengembangkan sektor perekonomian dan pariwisata. 

“Saat ini kemampuan bahasa Inggris mahasiswa kita secara umum masih kalah jika dibandingkan negara-negara, seperti Malaysia atau Filipina,” imbuhnya. 

Arianto menegaskan membangun literasi bahasa Inggris di Indonesia, yang baik menjadi tugas semua pihak. Karena itu, dalam meningkatkan literasi bahasa Inggris di kalangan pelajar dan mahasiswa, dibutuhkan standar yang jelas agar dapat mengukur kemampuan bahasa Inggris yang berkembang kekinian. 

“Di wilayah Bali sebagai daerah wisata internasional, sangat penting kemampuan bahasa Inggris yang baik. Dibutuhkan SDM andal yang menguasai bahasa Inggris dengan baik untuk menopang pembangunan pariwisata Bali,” terangnya.

Selain itu, Country Manager British Council EnglishScore Indonesia Tony Hendra Gunawan menjelaskan bahwa lembaganya kini berfokus terhadap pengembangan bahasa Inggris di Indonesia. Melalui salah satunya program British Council, adalah British Council EnglishScore yang merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris secara online pertama di dunia. “Jadi ini adalah the first mobile test and certificate of english for employment,” ucapnya.

Ia memaparkan terdapat tiga tes di dalam EnglishScore, meliputi Core Skills Test (grammar, vocabulary, reading, listening), Speaking Test (pronunciation, fluency, communication), dan Writing Test (language, organisation,  communication). 

“Untuk tes-tes lain yang memang masih konvensional atau offline, tes kami full online dilakukan melalui mobile. Tingkat keamanannya pun kami bangga karena menggabungkan AI (Artificial Intelligence) dan human reviewer,” papar Tony.

Hal penting lainnya, Tony menilai sertifikat hasil tes EnglishScore dapat untuk dipergunakan mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan seseorang ke luar negeri. Oleh karena itu, kembali ditekankan bahwa bahasa Inggris sejak usia muda sangat bermanfaat dalam meraih cita-cita kedepannya. 012


TAGS :