Pendidikan

Sapu Bersih Suara Senat, Prof. Lasmawan Terpilih sebagai Rektor Undiksha 2023-2027  

 Rabu, 11 Januari 2023 | Dibaca: 263 Pengunjung

Tampak Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., tersenyum bahagia usai resmi terpilih sebagai Rektor Undiksha periode 2023-2027, Rabu (11/1/2023.

www.mediabali.id, Buleleng. 

Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., memperoleh suara penuh dari senat dan kuasa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), sehingga ia resmi terpilih sebagai Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dalam Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2023-2027, Rabu (11/1/2023).

Pilrek langsung digelar di ruang Ganesha III Rektorat Undiksha, dengan melibatkan tiga calon rektor, yakni: 1. Dr. I Wayan Artanayasa, M.Pd; 2. Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd; dan 3. Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes. 

Kemudian untuk Senat hadir sebanyak 38 orang dari 39 orang, dengan masing-masing memiliki satu hak suara. Sedangkan Mendikbud Ristek melalui kuasanya, yaitu Plt. Sekretaris Ditjen Dikti Ristek, Prof. Tjiktjik Srie Tjhajandarie memiliki hak 20 suara. 

Singkatnya, hasil pemilihan calon Rektor Prof. Lasmawan meraup suara penuh 58 suara. Hasil ini mengantarkannya sebagai Rektor yang terpilih langsung oleh Senat Undiksha. 

Prof. Tjiktjik, memberi selamat atas pemilihan Rektor Undiksha, di mana telah berjalan baik, kondusif, dan sportif. Kedepannya diharapkan Undiksha semakin maju dan mampu mencapai prestasi sebagaimana telah diraih Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. 

“Ini adalah kekuatan moral yang sangat bagus sebagai modalitas Rektor terpilih di dalam mengembangkan Undiksha ke depan. Harapannya ini tidak mundur justru lebih maju,” ucapnya. 

Dikatakan Ketua Senat Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., mengapresiasi perhelatan Pilrek sudah berjalan sesuai prosedur yang didukung berbagai komponen terkait. 

“Ya ini berkat kita semua termasuk media masa, bagaimana membuat Undiksha tetap kondusif, sehingga dengan kondusifitas, harmonisasi kita bisa bekerja maksimal untuk mengantarkan SDM yang akan kita hasilkan di kemudian hari,” katanya. 

Prof. Lasmawan selaku Rektor Undiksha terpilih memberi apresiasi luar biasa terhadap seluruh anggota Senat Undiksha, termasuk seluruh civitas akademika Undiksha atas dukungan dan komitmennya. 

“Saya harap proses tadi (Pilrek) betul-betul menunjukkan Undiksha ini menerapkan keharmonian, karena bisa dilihat meskipun prosesnya dengan pemungutan suara, tetapi dengan perolehan suara yang sapu bersih ini menjadi sesuatu bagi saya dan demokrasi di Undiksha,” ucapnya.

Lasmawan mengutarakan visinya adalah Mewujudkan Undiksha sebagai International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL). Visi ini adalah melanjutkan apa yang sudah ditegaskan oleh Rektor, Prof. Jampel pada kepemimpinannya di periode 2019-2023. “Ini harus bisa saya terjadikan dalam waktu 4 tahun dan itu tidak mudah,” tegasnya. 

Selain itu, Lasmawan yang kini masih menduduki jabatan sebagai Wakil Rektor II Undiksha tersebut menekankan program strategis yang dirancang untuk mewujudkan visi tersebut adalah menjadikan Undiksha sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) ke PTN Berbadan Hukum (BH). 

Untuk itu, ia berharap supaya IRUEL dapat diwujudkan melalui program kerjasama yang betul-betul merujuk pada QS 100 rangking dunia, dan melakukan pembenahan, serta penguatan sarana prasarana pembelajaran sebagai tanggung jawab Undiksha kepada masyarakat. 012


TAGS :