Pendidikan

Rumah Kebangsaan Satyam Evam Jayate Segera Diplaspas, Beri "Life Skills" untuk Generasi Muda

 Jumat, 19 Mei 2023 | Dibaca: 381 Pengunjung

Suasana persiapan melaspas Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Satyam Eva Jayate, di Kelurahan Penatih Denpasar, Sabtu (20/5/2033) besok.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Jelang persiapan Pemelaspas Rumah Kebangsaan Satyam Eva Jayate (SEJ) di Kelurahan Penatih Denpasar, dengan menyiapkan sarana prasarana upakara dan diramaikan ngelawar bareng bersama alumni mahasiswa dan pemuda Hindu, Jumat (19/5/2023).

Ada pula lomba penjor dan gebogan yang dilaksanakan antar Pimpinan Cabag Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) se-Bali. Hal ini pula untuk mempersatukan antar anggota atau mahasiswa/i Hindu.

"Jadi ngelawar sarat makna kebersamaan, sebagai wujud spirit vasudhaiva kutumbhakam. Ini juga menjadi semangat untuk mewujudkan rumah bersama bagi pembangunan generasi muda dan kreatifitas ini yang akan kita pelaspas Sabtu (20/5/2023)," ucap Ketua Yayasan Rumah Kebangsaan Kebhinekaan Ketut Udi Prayudi, SE., MH., sekaligus pula didampingi Ketua Panitia I Ketut Sae Tanjdu, SE., MM.

Ia menuturkan keberadaan Rumah Kebangsaan yang dibangun dengan semangat gotong royong melibatkan berbagai komponen masyarakat. 

"Rumah Kebangsaan ini dibangun untuk mewadahi beragam kegiatan pengembangan dan pembangunan generasi muda, serta kegiatan kreatif, seni budaya dan kegiatan lainnya," ujar Udi.

Udi sekaligus pegiat eco enzyme ini menekankan upacara mlaspas bangunan bercat tri datu ini mengambil momentun Hari Suci Saraswati, yang bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

"Spirit Saraswati kita maknai sebagai turunnya pengetahuan dan kebijaksanaan, sehingga diharapkan keberadaan Rumah Kebangsaan nantinya mampu mencerahkan dan memberikan life skills bagi generasi muda dalam kompetisi era 4.0," tegas Udi.

Pemelaspas mengambil momentum Hari Kebangkitan Nasional, harapannya Rumah Kebangsaan dapat menjadi wahana dan inspirasi bagi generasi muda untuk bangkit dan berkarya bagi nusa dan bangsa.

Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Satyam Eva Jayate, dibangun di area seluas 13,99 Are menjadi gedung tempat berbagai aktifitas pembangunan dan kreatifitas generasi muda.

"Beragam diskusi, diklat dan kursus digelar oleh pemuda dan mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan dan kompetensinya di bangunan berlantai 3 ini," tegas Presidium Forum Alumni KMHDI & mantan Anggota KPU Bali ini.

Ia pula mengundang Gubernur Bali-Forkompimda Bali, Bupati dan Walikota se-Bali beserta Forkompimda kabupaten/kota, serta para tokoh nasional beserta donatur yang turut berkontribusi. 012

 


TAGS :