Sosial

PSBI Bantu Kelompok Masyarakat Buleleng dan Jembrana, Jaga Stabilitas Inflasi

 Jumat, 03 Maret 2023 | Dibaca: 225 Pengunjung

Pelaksanaan PSBI berjalan maksimal dan memberi dampak positif untuk kelompok masyarakat Buleleng dan Jembrana, Jumat (3/3/2023).

www.mediabali.id, Buleleng. 

Wujud perhatian Bank Indonesia terhadap kelompok masyarakat di Bali Utara dan Jembrana, terus berlanjut dalam upaya membangkitkan sektor perekonomian, pendidikan, sosial dan budaya

Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada para kelompok masyarakat yang diselenggarakan di areal Pelabuhan Labuan Lalang Desa Sumberklampok Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho menyakini ekonomi Indonesia, khususnya Bali setelah pandemi melandai akan segera bangkit. Hal ini ditunjukan dari kuartal pertumbuhan yang mengalami peningkatan.

"Saat pandemi tahun 2020-2021 ekonomi Bali tumbuh negatif, tidak ada itu dalam sejarah, lalu Tahun 2022 ekonomi Bali mulai bergerak membaik. Kuartal pertama tumbuh 1,3 persen Januari-Maret, disusul kuartal kedua tumbuh 3,09 persen, kuartal ketiga 8,09 persen, dan kuartal keempat 7,01persen. Secara keseluruhan setelah negatif sebanyak dua kali, kini sudah positif 4,48 persen di Tahun 2022," ujar Trisno, Jumat (3/3/2023) dalam pembukaan PSBI di Labuan Lalang.

Ia berharap global resesi tidak sampai mengintai Bali. Namun begitu, kembali Trisno menekankan jika dilihat mulai meningkatnya kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman), Bali yang salah satunya ditopang dari sektor pariwisata akan segera pulih. Tetap dibutuhkan kerja sama dan dukungan berbagai pihak kedepannya dalam menjaga laju inflasi.

"Jangan sampai global resesi sampai ke Indonesia, terutama Bali. Kita juga pantau jumlah Wisman-nya, supaya bertahan sampai akhir musim liburan. Inflasi di Februari 2022, sebesar 0,07 persen di mana sebelumnya Januari sebesar 0,06 persen. Sebenarnya melandai, hanya karena Year on Year-nya masih cukup tinggi. Tantangan di Tahun 2022 masih cukup berat, tapi kita tidak boleh lengah dan jangan kendor. Mohon dikawal operasi pasar," tegasnya.

Ditambahkan PJ Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana yang diwakili Asisten II Made Rousmini bahwa PSBI sangat membantu masyarakat di Buleleng dan sekitarnya. Maka sinergitas pemerintah dengan Bank Indonesia, minimal mampu meringankan beban masyarakat.

"PSBI membantu perekonomian dan meringankan beban masyarakat, untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan dedikasi BI kepada masyarakat kami melalui khususnya bagi para pelaku wisata, pemangku Pura, renovasi untuk tempat ibadah, dan lainnya," ucap Rousmini.

Sementara itu, I Gusti Agung Rai Wirajaya Anggota Komisi XI DPR RI menegaskan mendukung program PSBI yang diselenggarakan bersama BI.

"Jadi saya dengan Pak Trisno ini sudah lama bekerja sama, sehingga PSBI diharapkan bermanfaat bagi kita," tegasnya.

Anggota Dewan Gubernur BI Dody Budi Waluyo, program PSBI diharapkan memberi manfaat yang besar terhadap masyarakat.

"Ini menjadi program kepedulian BI, harus ada impact full, harus ada manfaat dan berkelanjutan. Kita sifatnya pendampingan," tegasnya. 012


TAGS :