Teknologi

Proyek Strategis Nasional di Pura Besakih, PLN Garap Sambungan Listrik 

 Kamis, 26 Januari 2023 | Dibaca: 309 Pengunjung

Sukseskan PSN revitalisasi Pura Agung Besakih Kec. Rendang, Kab. Karangasem. PT PLN rampungkan penyambungan listrik di Gedung Parkir Manik Mas dan Gedung Kios Bencingah, Kamis (26/1/2023).

www.mediabali.id, Karangasem. 

Proses revitalisasi terkait kawasan Pura Agung Besakih Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, saat ini masih digarap pemerintah. Proyek Strategis Nasional (PSN) ini didukung PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero, di mana PLN telah merampungkan penyambungan listrik di lokasi Manik Mas dan Bencingah yang diperuntukan sebagai gedung parkir dan gedung kios.

Dijelaskan Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Timur, I Putu Kariana bahwa PLN melakukan percepatan mengenai penyambungan listrik milik di kawasan yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu sekaligus cagar budaya ini dengan daya 415 kilo volt ampere (kVA) di Gedung Parkir Manik Mas serta daya 345 kVA di Gedung Kios Bencingah. 

“Jadi tujuannya untuk memenuhi permohonan pelanggan, kami selalu berkoordinasi dengan pihak pelaksana proyek sejak Tahun 2021 saat pekerjaan revitalisasi baru dimulai, sehingga secara khusus PLN telah menyiapkan jaringan kabel tanam lebih awal demi mempercepat proses penyalaan,” terang Kariana, Kamis (26/1/2023).

Lebih lanjut, mengenai proses penyalaan sebelumnya sudah selesai dilakukan dalam kurun waktu 25 hari dari target Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) 100 hari, yakni pada Desember 2022 lalu.

Kemudian sesegera mungkin akan dilakukan penyalaan lanjutan di gedung parkir motor yang dijadwalkan pada Februari 2023 mendatang.

“Khusus untuk penyalaan lanjutan, yakni dengan daya sebesar 345 kVA, saat ini kami sedang menunggu kesiapan dari pelanggan, yang mana rencana pembangunan yang dilakukan mencakup infrastruktur kelistrikan beserta kelengkapan unit electric vehicle charging station untuk memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik angkutan umum di kawasan Pura Besakih,” demikian pungkas Kariana. 012


TAGS :