Politik

Penghargaan Kualitas Pengisian JPT Tingkat Nasional dari KASN Diraih Pemprov Bali  

 Kamis, 06 Oktober 2022 | Dibaca: 313 Pengunjung

Pemprov Bali melalui Kepala BKPSDM Provinsi Bali I Ketut Lihadnyana menerima penghargaan tingkat nasional dari KASN atas kualitas pengisian JPT.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Prestasi gemilang diraih Pemprov Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Bali Wayan Koster, yang mana diraih dalam bidang manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di tingkat nasional oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). 

Penghargaan untuk kualitas pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tingkat Nasional diraih dan kemudian diterima langsung Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Provinsi Bali I Ketut Lihadnyana, Kamis (6/10/2022) lalu di Yogyakarta. 

Dikatakan Lihadnyana, dalam penilaian kualitas pengisian JPT Tahun 2021, Pemprov Bali berhasil menduduki peringkat teratas dengan nilai tertinggi dan predikat sangat baik antar kementerian/lembaga/ pemerintah daerah se-Indonesia, sebanyak 82 instansi pemerintah. 

“Telah ditetapkan untuk menerima penghargaan KASN dari total 431 instansi pemerintah yang dinilai, dengan rincian 14 yang mendapatkan predikat sangat baik dan 68 yang berhasil mencapai kategori baik,” kata Lihadnyana. 

Lihadnyana sekaligus PJ Bupati Buleleng ini menambahkan dalam Anugerah Kualitas Pengisian JPT ini menjadi bukti komitmen Gubernur Koster di dalam melaksanakan reformasi birokrasi di Pemprov Bali. 

“Sejak menjabat sebagai Gubernur Bali, banyak upaya yang dilakukan untuk mewujudkan reformasi birokrasi, mulai dari penyederhanaan perangkat daerah, transformasi jabatan struktural ke jabatan fungsional, pengisian dan penempatan pegawai yang mengedepankan sistem merit, dan seleksi JPT yang dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif,” imbuhnya.

Baca juga:
Sat. Samapta Polresta Denpasar Turun Cegah Banjir di Jalan Pura Demak Denpasar 

Ia menekankan pengisian JPT secara terbuka dan kompetitif sebagai bagian dari implementasi sistem merit pada aspek promosi dan mutasi. Dari itu pula, kualitas pengisian JPT yang baik akan mendapatkan pejabat yang berkompeten dan berkinerja tinggi dalam mewujudkan target organisasi. 

“Pemprov Bali akan terus berusaha mengakselerasi peningkatan kualitas pengisian JPT melalui penguatan pengawasan, pelaksanaan berbagai bentuk koordinasi dan asistensi. Peningkatan kolaborasi serta kerja sama dengan lebih banyak instansi pemerintah maupun lembaga untuk mendorong perbaikan secara masif dan berkelanjutan,” ucap Lihadnyana asal Desa Kekeran Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng ini. 

Raihan penghargaan ini adalah yang kedua kalinya dari KASN untuk Provinsi Bali, setelah sebelumnya meraih penghargaan hasil pengukuran Indeks Maturitas Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku (IM NKK) ASN, pada Juli lalu. Penghargaan tersebut diberikan setelah Pemprov Bali berhasil meraih predikat 'Tinggi' pada pengukuran IM NKK yang berlangsung Tahun 2021 lalu dengan total nilai akhir 225 dan indeks 0,75. 

Sementara itu, Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto mengatakan sejumlah penilaian yang mencakup lima dimensi, antara lain; a) dimensi persiapan pengisian JPT; b) dimensi pelaksanaan pengisian JPT; c) dimensi pelaporan pengisian JPT; d) dimensi inovasi manajemen pengisian JPT; dan e) dimensi pelanggaran sistem merit dalam jabatan.  

“Dari kelimanya, KASN secara konsisten dan rinci melakukan pengawasan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang 5 Tahun 2014 Tentang ASN,” ucap Prof. Agus Pramusinto.

Di sela-sela acara penganugerahan, KASN turut me-launching Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti) versi 4.0. Sijapti merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu instansi pemerintah dalam mengajukan usulan seleksi terbuka dan mutasi atau rotasi pejabat pimpinan tinggi (PPT) secara daring. Melalui aplikasi Sijapti, pelaksanaan pengajuan pengisian JPT menjadi lebih efektif dan efisien, serta memudahkan KASN dalam melakukan pengawasan seleksi terbuka dan mutasi atau rotasi. 

Terkait penyerahan Anugerah Kualitas Pengisian JPT, turut dihadiri oleh Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB Abdullah Azwar Anas, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ketua KASN Agus Pramusinto, Kementerian/Lembaga, para Gubernur, Bupati dan walikota se-Indonesia. 012


TAGS :