Bisnis

Layanan Penyampaian SPT di KPP Pratama Surakarta Ditinjau Presiden Jokowi

 Jumat, 10 Maret 2023 | Dibaca: 260 Pengunjung

Presiden Jokowi mengunjungi KPP Pratama Surakarta, dalam meninjau pelaksanaan pelayanan penyampaian SPT Tahunan wajib pajak, Kamis (9/3/2023).

www.mediabali.id, Nasional. 

Kunjungan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta, dilakukan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kamis (9/3/2023).

Terkait kunjungan ini untuk meninjau pelaksanaan pelayanan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan wajib pajak di Kantor Pajak Surakarta. 

Kata Presiden Jokowi, ia mengaku kaget masih banyak wajib pajak yang mengantre di Kantor Pajak Surakarta untuk melaporkan SPT padahal pelaporan SPT dapat dilakukan secara online atau efiling dari rumah.

Bahkan, Presiden selanjutnya menunjukkan bukti penerimaan SPT Tahunan yang telah disampaikannya secara efiling.

“Nih, sudah (menyampaikan SPT Tahunan-red),” ucap Presiden sambil menunjukkan bukti penerimaan elektronik miliknya tertanggal 6 Maret 2023 melalui ponselnya.

Oleh sebab itu, Presiden mengimbau seluruh wajib pajak segera menyampaikan SPT Tahunan paling lambat 31 Maret 2023. 

Kewajiban pelaporan SPT merupakan salah satu kewajiban perpajakan yang harus dilakukan wajib pajak sebagai komitmen bersama warga negara.

“Karena apa? Karena penerimaan negara dari pajak kita harapkan bisa nanti kita pakai untuk subsidi BBM, subsidi listrik, subsidi pupuk, untuk dana desa, untuk bantuan sosial, untuk membangun jalan, untuk membangun pelabuhan, untuk memperbaiki jalan itu semua dari penerimaan pajak yang kita dapatkan,” papar Presiden.

Secara nasional, penerimaan SPT Tahunan sampai dengan 9 Maret 2023 sebanyak 6,6 juta SPT, lebih banyak dari tahun lalu di tanggal yang sama yaitu sebanyak 5,4 juta SPT. 

“Kenaikan tersebut menunjukkan adanya semangat masyarakat untuk menyampaikan SPT lebih awal. Ini yang saya senang,” pungkas Presiden.

Saat kunjungan tersebut, Presiden Jokowi di dampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, dan Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo. 012​​​​​


TAGS :