Peristiwa

Koster Berbagi Pengalaman dengan Provinsi Hainan 

 Minggu, 19 Februari 2023 | Dibaca: 406 Pengunjung

Kerja sama berupa Provinsi Bersaudara, resmi disepakati antara Gubernur Bali Wayan Koster bersama Sekretaris Komite Provinsi Hainan, Republik Rakyat Tiongkok Shen Xiaoming, Minggu (19/2) lalu di Gedung Gajah Jayasabha, Denpasar. 

www.mediabali.id, Denpasar. 

Pembentukan kerja sama Provinsi Bersaudara ditunjukkan Gubernur Bali Wayan Koster dengan Sekretaris Komite Provinsi Hainan, Republik Rakyat Tiongkok Shen Xiaoming.

Proses penandatanganan pernyataan kehendak terkait antara Pemprov Bali Republik Indonesia dengan Pemprov Hainan Republik Rakyat Tiongkok tentang Pembentukan Kerja Sama Provinsi Bersaudara, juga diisi sesi perayaan toast arak Bali, Minggu (19/2/2023) di Gedung Gajah Jayasabha, Denpasar. 

Kerja sama yang disepakati Pemprov Bali dengan Pemprov Hainan, antara lain; 1. Berkeinginan untuk membentuk hubungan yang baik dan mendorong kerja sama saling menguntungkan bagi kedua daerah; 2. Mengakui pentingnya prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan; dan 3. Membentuk kerja sama provinsi bersaudara untuk meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan publik yang lebih baik di kedua daerah di bidang: a. Pariwisata dan Kebudayaan, b. Pertanian, c. Pendidikan, d. Perdagangan, e. Komunikasi dan Informatika. 

"Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas terselenggaranya acara penandatanganan Letter of Intent Sister Province antara Pemprov Bali dan Pemprov Hainan. Kerja sama ini dilakukan dalam semangat saling menguntungkan, sebagai bentuk kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara China dengan Indonesia dalam upaya meningkatkan hubungan persahabatan yang memberikan manfaat nyata antara Provinsi Hainan dengan Provinsi Bali, yakni pembentukan kerja sama yang meliputi pariwisata, kebudayaan, pertanian, pendidikan, perdagangan serta komunikasi dan informatika," kata Koster.

Semenjak Tahun 2011, kedua Provinsi Hainan dan Provinsi Bali menjalin hubungan kerjasama, sampai kini dipertahankan erat pertukaran persahabatan.

"Saya mengucapkan terima kasih karena Pemerintah Hainan, beberapa tahun ini telah memberikan kesempatan beasiswa bagi para siswa asal Bali untuk menempuh pendidikan di Hainan. Selain itu, kedua Provinsi (Hainan dan Bali) juga bergabung dalam Inter-Islands Tourism Policy (ITOP) Forum yang merupakan Forum Kebijakan Antar Pulau Wisata yang didirikan pada Tahun 1997 beranggotakan empat Pemprov yaitu Provinsi Bali-Indonesia, Provinsi Hainan-China, Provinsi Okinawa-Jepang dan Provinsi Jeju Korea Selatan," katanya.

Apabila Pulau Bali disebut The Island of God, maka Koster menyebut Pulau Hainan disebut The Island of Dream. Ia pun berharap melalui kerjasama pertukaran budaya, pariwisata memberi kesempatan untuk memahami sejarah, kebiasaan, dan seni lainnya satu sama lain dan memainkan peran utama dalam mempromosikan perdamaian. 

Sementara itu, Sekretaris Komite Provinsi Hainan, Republik Rakyat Tiongkok, Shen Xiaoming melalui sambutannya mengatakan sangat bergembira karena Gubernur Bali pada Januari telah menyambut kedatangan turis pertama asal Tiongkok secara langsung dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

"Hal ini mempererat hubungan persahabatan antara kedua Provinsi yang memiliki sejarah yang panjang, seperti Tahun 1997 silam kita bersama mendirikan Organisasi Pariwisata Regional yang disebut Inter-Islands Tourism Policy (ITOP)," katanya.

Kedatangan ke Bali kini untuk menindaklanjuti konsensus yang sudah disepakati Presiden kedua negara beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping berulang kali menginstruksikan untuk belajar ke Provinsi Bali. Hal itu ditegaskan pada Tahun 2022 setelah Presidensi G-20, Presiden Xi Jinping yang balik dari Bali ke Provinsi Hainan.

"Beliau (Presiden Xi Jinping) meminta kepada saya agar Provinsi Hainan belajar ke Provinsi Bali. Inilah yang menjadi dasar, kenapa saya tiba di Provinsi Bali. Jadi sesuai arahan Presiden China, Bapak Xi Jinping bahwa beliau sudah dua kali menginstrusikan saya belajar ke Provinsi Bali. Ini arahan khusus, seperti arahan guru kepada muridnya agar belajar ke Bali, karena Bali lebih maju dalam internasionalisasi,” kata Shen Xiaoming.

Setiba di Bali, dalam satu hari ini mereka memperoleh dan melihat tiga bidang yang dapat dipelajari oleh Provinsi Hainan, di antaranya Pertama, mempelajari hubungan manusia dengan alam; Kedua, mempelajari pengembangan pariwisata berbasis budaya; dan Ketiga, mempelajari desa wisata.

"Di sisi lain, kita berkunjung ke Bali untuk meningkatkan kerjasama dan pertukaran di bidang pariwisata. Hainan sangat bergembira untuk menjadi sumber utama pariwisata Provinsi Bali, dengan menjadikan/Provinsi Hainan sebagai tujuan transit untuk wisatawan Tiongkok daratan ke Provinsi Bali. Sebelum ke Provinsi Bali, Saya sudah bertemu dengan serikat-serikat pesawat dan mereka sangat setuju mengemudikan pesawatnya dari Hainan ke Bali. 012


TAGS :