Politik

Koster-Ace Kerja Nyata di Bangli

 Selasa, 28 Februari 2023 | Dibaca: 430 Pengunjung

Kehadiran Gubernur dan Wagub Bali, Koster-Ace ke Kabupaten Bangli memperoleh respon positif masyarakat. Hal ini ditunjukkan atas perhatian bantuan yang diberikan dalam menyukseskan pembangunan di Kabupaten Bangli.

www.mediabali.id, Bangli. 

Tatap muka dilakukan Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, menemui masyarakat yang memenuhi Alun-alun Kota Bangli, Minggu (26/2) malam. 

Hadir pula Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Kabupaten Bangli, DPRD Bali Dapil Bangli, Forkopimda, dan lainnya dalam kesempatan tersebut. Kehadiran Koster juga mendapat dukungan masyarakat, termasuk saat Sri Nugraha membacakan puisi berjudul 'Koster Dua Periode'. 

Sejumlah capaian Koster disampaikan ke publik, yaitu 1. Pelindungan Kawasan Suci Besakih di Karangasem; 2. Pembangunan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung; 3. Pembangunan jalan shortcut Singaraja-Mengwi; 4. Pembangunan 3 Pelabuhan sekaligus: Pelabuhan Sanur di Denpasar, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan; 5. Pembangunan Turyapada Tower 

KBS 6.0 Kerthi Bali di Buleleng; 6. Pembangunan Bendungan Tamblang di Buleleng; 7. Pembangunan Bendungan Sidan di wilayah Badung-Bangli-Gianyar; dan 8. Pembangunan Tol Jagat Kerthi Bali, sepanjang 96 Km, menghubungkan Gilimanuk-Mengwi.

Saat tatap muka dengan masyarakat Bangli, Koster-Ace turut menyerahkan bantuan: 1. Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai Rp 80,71 Miliar ke Pemkab Bangli; 2. Bantuan Aset Tanah (BAT) sebanyak 10 bidang tanah seluas 3,05 Ha dan 2 unit bangunan seluas 15,46 are yang dipergunakan untuk penyelenggaraan Pemkab Bangli; 3. BKK senilai Rp 4,30 Miliar kepada Pemerintah Desa se-Kabupaten Bangli untuk tambahan penghasilan Perbekel dan Perangkat Desa; 4. BKK senilai Rp 50,4 Miliar ke 168 Desa Adat se-Kabupaten Bangli; dan 5. BKK sebanyak Rp 4,87 Miliar kepada 487 subak dan subak Abian se-Kabupaten Bangli.

Lebih lanjut, Koster menyampaikan pesan terhadap Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta supaya dapat terus menjalankan program pembangunan yang baik untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten Bangli, di mana dengan cara kerja yang cermat dan berhati-hati, karena Bangli dipenuhi dengan warisan adi luhung, seperti ada Gunung Batur, Danau Batur, hingga Peninggalan-peninggalan warisan budayal eluhur Bali. 

Maka selanjutnya, dalam pembangunan Bangli dibutuhkan konsep yang matang dan supaya pembangunan di Bangli, dapat lebih dilaksanakan secara holistik  sesuai dengan karakteristik dan potensi alam Kabupaten Bangli.

“Astungkara dalam kepemimpinan saya bersama Tjokorda Artha Ardana Sukawati di periode selanjutnya akan terus mengarahkan pembangunan di Kabupaten Bangli, karena Bangli adalah masa depan Bali,” terang mantan Anggota DPR RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Bupati Bangli Sedana Arta didampingi Wabup Bangli Wayan Diar mengatakan atas kedatangan Gubernur-Wagub Koster-Ace sebagai kehormatan luar biasa. Ia bersama Wabup, mewakili seluruh masyarakat Bangli mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap Gubernur Koster atas segala dukungannya untuk mensukseskan di setiap program pembangunan daerah, khususnya di Kab. Bangli.

Ia menambahkan sepanjang sejarah Gubernur di Bali, belum pernah ada keberpihakan pemimpin Bali seperti Gubernur Koster dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bangli.

Kerja yang dilakukan Gubernur  Koster sangat nyata, di mana: 1. Pads Tahun 2022 Kabupaten Bangli dibantu Rp 60 Miliar lebih yang bersumber dari dana APBD Semesta Provinsi Bali; 2. Tahun 2023 Kabupaten Bangli dibantu Rp 80 Miliar lebih yang bersumber dari dana APBD Provinsi Bali; dan 3. Selalu mengawal dan mengkomunikasikan di setiap usulan pembangunan di Kabupaten Bangli ke Pemerintah Pusat, sehingga Tahun 2023 ini Bangli mendapat Dana DAK Fisik sebesar Rpb140 Miliar lebih dari APBN Pemerintah Pusat, dan ini merupakan raihan DAK tertinggi dari Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Bali. 

“Kami juga merasa bangga, karena di Tahun 2023 ini APBD di Kab. Bangli bisa menembus Rp 1,3 Triliun yang merupakan capaian APBD terbesar sepanjang sejarah Pemerintahan di Kab. Bangli,” ucapnya.

Maka itu, di hadapan seluruh masyarakat Bangli, ia sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas semua capaian pembangunan yang telah dilaksanakan Pemprov Bali dalam kepemimpinan Koster-Ace dengan merealisasikan 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru. 

“Gubernur Koster adalah putra terbaikbBali yang sangat visioner, sosok pekerja keras, selalu menggaungkan kerja cerdas, fokus, tulus dan lurus demi kesejahteraan masyarakat Bali. Jadi tidak ada lagi keraguan seluruh masyarakat Bangli, untuk mendukung dengan totalitas Gubernur Koster bersama Wagub Cok Ace untuk memimpin Pulau Bali selama 2 periode ke depan,”  tegasnya. 012


TAGS :