Peristiwa

Jokowi Resmikan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih

 Senin, 13 Maret 2023 | Dibaca: 325 Pengunjung

Presiden Jokowi meresmikan fasilitas di Kawasan Suci Pura Agung Besakih, dengan didampingi Gubernur Koster, para menteri, dan pejabat pemerintahan terkait lainnya, Senin (13/3/2023).

www.mediabali.id, Karangasem. 

Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, diresmikan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, yang didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster. Peresmian ditandai lewat pemukulan kulkul dan penandatanganan prasasti di depan Candi Bentar Margi Agung, Senin (13/3/2023).

Momentum peresmian yang bersejarah terhadap Peradaban Tatanan Kawasan Suci Pura Agung Besakih Dalam Bali Era Baru ini, juga dihadiri Ida Sulinggih dan Pamangku, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo bersama Ny. Putri Suastini Koster, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Anggota DPD RI Made Mangku Pastika dan Anak Agung Gede Agung, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Bupati Karangasem Gede Dana, Bupati/Walikota se-Bali, Forkompinda se-Bali, dan krama Bali. 

Presiden RI Joko Widodo tiba di Besakih disambut Tari Pendet dan Tari Baris Bandana Manggala Yudha. Tampak pula ribuan masyarakat Bali, yang setia menunggu kedatangan Jokowi. Mereka ingin melihat langsung sosok orang nomot satu di Indonesia tersebut.

Melalui sambutannya, Jokowi yang didampingi penari Baris Bandana Manggala Yudha mengatakan ia sangat berbahagia berada di Kawasan Suci Pura Agung Besakih, Pura yang sangat disucikan bukan hanya oleh umat Hindu di Bali, tetapi juga oleh umat Hindu di seluruh Nusantara. 

"Pura yang suci ini, harus kita jaga, kita rawat dengan penuh hormat. Sehingga umat Hindu dan pengunjung yang datang ke Pura Agung Besakih bisa merasakan aura kesuciannya. Karena itu, dengan terjaganya kesucian, terjaganya kebersihan, terjaganya kerapian sekaligus juga menjadi tempat yang indah," terang Jokowi yang juga mantan Walikota Solo dan mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Menurut Jokowi, ia mengetahui sejak dahulu pengunjung di Pura Agung Besakih sangat banyak dan selalu ramai, terlebih lagi di saat sedang dilakukan Upacara Ida Bhatara Turun Kabeh yang diselenggarakan setiap Sasih Kadasa. 

"Para umat Hindu dari berbagai penjuru akan berbondong-bondong datang untuk melakukan persembahyangan, tidak hanya yang berasal dari Bali, tetapi dari seluruh tanah air Indonesia," tegasnya.

Kedatangan umat Hindu dan pengunjung yang semakin banyak tanpa diimbangi dengan penataan, tanpa ada antisipasi kedepan akan menimbulkan kesembrawutan dan etidaknyamanan. 

"Oleh sebab itu, Tahun 2021 saya perintahkan dan saya minta kepada Menteri PUPR, Pak Basuki untuk melakukan penataan di Kawasan Suci PurabAgung Besakih ini bersama-sama dengan Gubernur Bali Wayan Koster yang penataannya dilakukan di Area Bencingah dan Area Manik Mas, dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung, agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahyang dan Pura Agung Besakih tetap terjaga kesuciannya," tegas Jokowi. 012


TAGS :