Lingkungan

Jalan Rusak di Dawan Diperbaiki Mulai Bulan Mei

 Minggu, 19 Maret 2023 | Dibaca: 1070 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Kerusakan jalan di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung kian parah. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda pengerukan bukit di Kecamatan Dawan itu terhenti. Akibatnya, masyarakat sekitar masih harus merasakan jalan rusak akibat dampak pengerukan bukit tersebut. 

Dikonfirmasi mengenai kerusakan jalan yang sampai saat ini belum juga diperbaiki, Anggota DPRD Klungkung Anak Agung Sayang Saputra memastikan kerusakan jalan akan segera dilakukan perbaikan. Menurut Anggota Dewan dari Partai Gerindra ini, perbaikan diperkirakan dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Mengingat pada bulan tersebut pemadatan tanah Proyek Pusat Kebudayaan Bali (PKB) di eks Galian C telah selesai dilakukan.

"Banyak keluhan dari masyarakat, tapi kami mohonkan untuk bersabar. Karena Mei proses pemadatan sudah selesai maka dilanjutkan dengan perbaikan jalan rusak di wilayah Dawan dengan menggunakan dana BKK (Bantuan Keuangan Khusus) Provinsi Bali sekitar Rp 35 miliar " tutur Gung Sayang saat dikonfirmasi, Minggu (19/3).

Selama pemadatan proyek PKB dilakukan dan juga pengerukan material bukit Dawan masih dilakukan, rencana perbaikan jalan yang akan dilaksanakan tahun ini belum bisa dilakukan. Untuk itu pihak berharap agar masyarakat dapat bersabar karena pembangunan PKB ini dapat berdampak positif untuk kemajuan Klungkung dan Kecamatan Dawan khususnya. "Sesuai arahan Prabowo Subianto dan bimbingan DPD Provinsi Bali, kami sebagai perwakilan rakyat dari Partai Gerindra akan terus mengawal aspirasi dan keluhan masyarakat," sebutnya.

Di tempat terpisah Anggota DPRD Klungkung dapil Kecamatan Dawan I Made Wibawa meminta agar jalan yang lubangnya terlalu dalam agar segera dilakukan pengurugan sementara untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat jalan rusak. " Untuk yang rusak parah yang lubangnya terlalu dalam agar segera dilakukan penataan dari pihak proyek sebab ketika hujan dapat memicu korban kecelakaan," jelas Wibawa.

Diperkirakan pengerukan bukit untuk proyek pemadatan PKB akan berakhir di tahun ini. Sehingga aktivitas pengerukan dan juga pengangkutan material tanah yang terus beroperasi di Kecamatan Dawan sejak tahun lalu akan berakhir bekerja di bulan Mei. 

Diperkirakan jalan rusak akibat pengerukan material bukit ini mencapai 19,8 Km. Jalan yang rusak tersebut sering dilewati masyarakat karena merupakan akses jalan ke permukiman warga. Dengan perbaikan jalan yang dilakukan melalui dana BKK Provinsi Bali diharapkan jalan-jalan rusak di wilayah Dawan dapat segera kembali seperti semula. 007


TAGS :