Peristiwa

Harga Bahan Pokok Cenderung Stabil, Polresta Denpasar Gandeng Satgas Pangan Kroscek ke Pasar Badung

 Senin, 20 Maret 2023 | Dibaca: 350 Pengunjung

Para pedagang di Pasar Badung, mendapat kunjungan pengecekan harga kebutuhan sembako dari Satgas Pangan Polresta Denpasar, Senin (20/3/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Pengecekan harga kebutuhan pokok sembako terhadap pedagang di Pasar Badung, digencarkan Satuan Tugas (Satgas)  Pangan Polresta Denpasar dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Senin (20/3/2023).

Satgas pangan mengecek harga-harga sembako jelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 dan bulan Ramadhan 1 Syawal 1444 H, di mana pengecekan bertujuan memastikan semua harga sembako dapat stabil.

Lebih lanjut, Plt. Kasat Reskrim Polresta Denpasar AKP Wiastu Andre, SH., memimpin langsung pengecekan bersama Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar drh. Ida Bagus Mayun Suryawangsa.

Tercatat harga kebutuhan pokok per hari Senin (20/3/2023) di Pasar Badung beras premium Rp13.500.,- beras medium Rp12.500.,- beras bulog Rp8.300.,- gula pasir Rp14.000.,- bawang merah Rp30.000.,- bawang putih Rp30.000.,- cabai kecil Rp70.000.,- cabai besar Rp30.000.,- minyak goreng kemasan Rp18.000.,- minyak curah Rp16.000.,- daging babi Rp85.000.,- daging ayam Rp33.000.,- daging sapi Rp120.000.,- dan telur Rp27.200.,- 

Diterangkan AKP Andre, apabila Satgas Pangan telah melakukan monitoring dan mengawasi suplai bahan-bahan pokok sesuai dengan arahan Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, SH., SIK., M.Si.

"Jadi Bapak Kapolresta Denpasar meminta untuk melakukan pengawasan maksimal. Kita melakukan upaya penegakan hukum bagi pelanggar, misalnya menahan distribusi atau menaikan harga dengan ketetapan pemerintah. Saya mengajak para pelaku pasar untuk tidak nakal dan merugikan masyarakat," terangnya.

Tinjauan di lapangan bahwa saat ini harga-harga dan stok pangan masih stabil. Selanjutnya, jajaran Polresta Denpasar akan terus melakukan pemantauan dan setiap minggu Polresta melakukan evaluasi, lalu di Mabes dilakukan setiap sebulan sekali.

"Hari ini (Senin) dalam rangka untuk mencegah permainan harga dan lainnya. Kami dari kepolisian serius memerhatikan ini karena biasanya harga pangan selalu naik setiap hari besar keagamaan. Jangan sampai tidak terkendali, makanya kami melakukan pengawasan," katanya.

Ditambahkan oleh Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan drh. IB Mayun, mendekati Hari Raya Suci Nyepi dan Bulan Ramadhan harga untuk kebutuhan pokok masih stabil.

Bahan-bahan pokok yang berfluktuasi, yaitu cabai, bawang, dan tomat. Jenis lainnya, masih stabil. Kenaikan tetap ada, tetapi masih terjangkau karena tidak lebih dari 5 persen.

"Stok setiap hari kita pantau, sampai saat ini stok aman. Ketersediaan bahan pokok maupun bahan pangan strategis mencukupi kebutuhan. Kita sudah melakukan berbagai upaya agar stabil, seperti mengadakan pasar murah dan operasi pangan dalam rangka pengendalian harga pangan," tandasnya. 012


TAGS :