Politik

Hadiri KTT G20, Joe Biden Tiba di Bali dengan Dikawal Ketat

 Senin, 14 November 2022 | Dibaca: 420 Pengunjung

Sumber Foto BPMI Setpres RI: Presiden AS Joe Biden tiba aman dan lancar dengan pesawat Kepresidenan Air Force One, dia dikawal ketat sejak turun dari terminal VVIP Bandara Internasional Ngurah Rai, Badung, Minggu (13/11) malam.

www.mediabali.id, Badung. 

Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, dengan lalu lintas yang biasanya cukup ramai, dibuat steril sementara untuk menyambut kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama rombongan dan pengawal Kepresidenan, pada Minggu (13/11/2022) malam.

Joe Biden setelah mengikuti pertemuan KTT Asean di Kamboja, akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 di Nusa Dua, Bali Selatan, yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022 pekan ini.

Menariknya, Joe Biden tiba di Bali dengan disambut Tarian Pendet. Sosok Presiden ke-46 AS ini menaiki mobil Kepresidenan AS sekaligus adalah limusin anti peluru Cadillac One atau disebut The Beast. 

Sedangkan logistik dari AS sebelumnya telah dibawa ke Bali, dengan memakai salah satu pesawat angkut terbesar di dunia C-17 Globemaster.

Sebelum Joe Biden tiba, mobil Kepresidenan AS telah masuk ke areal Bandara Int' Ngurah Rai sekitar pukul 21.05 Wita, dan disusul kedatangan pesawat Kepresidenan AS Air Force One mendarat Pukul 21.50 Wita dengan aman dan lancar.

Joe Biden keluar dari area Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai, dia mengendarai The Beast dan selama perjalanan dikawal dengan pengawalan pasukan sangat ketat dan diiringi Secret Service.

Tempat menginap Joe Biden belum diketahui di hotel mana menginap, sedangkan dari kunjunhan Presiden sebelumnya Barack Obama dalam KTT Asia Timur dia menginap di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali Selatan, dengan pengawalan ketat serupa yang dilakukan terhadap Joe Biden.

Di lain sisi, Presiden RI ke-7 Joko Widodo tiba dengan pesawat Kepresidenan RI dengan didampingi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Bali Wayan Koster, di mana sudah tiba lebih dulu dan meninggalkan bandara.

DUKUNG KTT G20
Pengamanan penyelenggaraan KTT G20 diintensifkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), di mana dalam menyukseskan KTT G20 dengan menggelar sosialisasi atas imbauan masyarakat untuk bekerja dan belajar dari rumah. Hal tersebut pula sesuai imbauan Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu, S.IK., M.Si., bahwa Pemda dalam hal ini Gubernur telah mengeluarkan surat edarannya mengenai pembatasan kegiatan masyarakat.

"Diharapkan, yaitu pertama adanya kegiatan aktivitas sekolah secara online. Kemudian yang kedua kegiatan pelaksanaan mengajar dan kerja di rumah saja. Kecuali mereka yang kerja di perhotelan dan kegiatan G20 tetap melaksanakan tugas. Ini untuk mengurangi aktivitas masyarakat di lokasi KTT G20," ucap Satake, Minggu (13/11/2022) malam.

Menurut Satake, imbauan telah dilakukan selama satu bulan. Namun begitu, imbauan ini diharapkan dapat terlaksana pada tanggal 14 hingga 17 November 2022.

"Maka Polda Bali melakukan sosialisasikan. Kemudian akan memantau pelaksanaannya dengan melaksanakan patroli di lokasi-lokasi yang memang harus tutup," terangnya.

Kemudian atas respons masyarakat baik terkait imbauan ini dan siap mematuhinya. Satake turut mengimbau masyarakat supaya dapat mendukung pelaksanaan KTT G20.

"Kami imbau masyarakat mendukung pelaksanaan KTT G20 dan jika nantinya delegasi lewat mohon dimengerti jika adanya penutupan dan pengalihan," tandasnya. 012


TAGS :