Bisnis

Gandeng 7 Universitas di Bali, 207 Relawan Pajak Beri Asistensi WP Lapor SPT Tahunan dan Pemadanan NIK-NPWP

 Jumat, 17 Februari 2023 | Dibaca: 293 Pengunjung

Ada sebanyak 207 mahasiswa/i selaku relawan pajak Kanwil DJP Bali, dari 7 perguruan tinggi selaku mitra tax center Kanwil DJP Bali, Jumat (17/2/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) hampir setiap tahun konsisten meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak (WP), di mana DJP membuat program relawan pajak untuk dapat mempercepat penyelesaian pekerjaannya. Relawan pajak dimaksud sudah berjalan sejak Tahun 2017 lalu.

Saat ini, kegiatan relawan wajib pajak ini menggandeng Tax Center di perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) di seluruh Indonesia. Relawan pajak dalam kegiatan mereka, turut pula mendorong dan mengajak peran Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kesadaran pajak.

Memasuki awal Tahun 2023, kegiatan relawan pajak di Kanwil DJP Bali diikuti oleh 207 mahasiswa dari 7 perguruan tinggi selaku mitra tax center Kanwil DJP Bali, yaitu Politeknik Negeri Bali, Universitas Hindu Indonesia, Universitas Warmadewa, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Dhyana Pura, Universitas Pendidikan Nasional, dan Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Diketahui jumlah tersebut meningkat dibandingkan Tahun 2022, yang mana diikuti oleh 197 mahasiswa.

Kanwil DJP Bali telah melakukan penyerahan relawan pajak secara virtual terhadal 7 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan 4 Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) yang berada di lingkungan Kanwil DJP Bali, Jumat (17/2/2023).

Selanjutnya, relawan pajak tersebut akan ditugaskan membantu memberikan asistensi para wajib pajak di dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan secara daring melalui situs pajak.go.id sejak tanggal 20 Februari s.d. 31 Maret 2023.

Relawan pajak di Tahun 2023 ini turut memberikan asistensi ke wajib pajak yang akan melakukan pemadanan NIK dan NPWP.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Waskito Eko Nugroho, hadir mewakili Kepala Kanwil DJP Bali dalam acara penyerahan relawan pajak.

Waskito Eko mengatakan terhadap para relawan dan tax center organisasi mitra Kanwil DJP Bali, dia memberi apresiasi yang sebesar-besarnya atas upaya diberikan dalam membantu asistensi para wajib pajak untuk melaporkan SPT.

“Semoga relawan pajak ini dapat memberikan manfaat baik kepada wajib pajak maupun kepada DJP nantinya,” ujarnya.

Ditambahkan Waskito Eko kegiatan ini bertujuan untuk mendukung penerimaan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.

Dari data kinerja Tahun 2022, SPT Tahunan yang telah disampaikan wajib pajak di Kanwil DJP Bali adalah sebanyak 344.892 atau sebesar 104,45% dari target total wajib pajak wajib SPT sebanyak 330.199.

Diketahui adanya penyampaian SPT, tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk para relawan pajak dan tax center mitra yang telah melayani wajib pajak dalam kegiatan pendampingan atau asistensi.

”Saya berharap relawan pajak tahun ini dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar menambah ilmu sebanyak mungkin di unit kerja nanti, berikan layanan dengan sepenuh hati dan selalu jaga integritas,” tegasnya.

Waskito Eko berharap relawan pajak ikut berperan mewujudkan warga negara yang baik, patuh, dan taat pajak. Kegiatan ini agar bermanfaat bagi mahasiswa perguruan tinggi, sekaligus memberikan pengalaman terbaik. 012

 


TAGS :