Pendidikan

Dominasi IT di Masa Depan, SMK TI Bali Global Badung Tingkatkan Pengetahuan SDM Lewat Semnas Kewirausahaan Sekolah

 Kamis, 23 Februari 2023 | Dibaca: 362 Pengunjung

Semnas Kewirausahaan Sekolah dilakukan SMK TI Bali Global Badung kerjasama dengan PT Tera Data Indonusa Tbk (Axio) dan ITB STIKOM Bali, Kamis (23/2/2023). 

www.mediabali.id, Denpasar. 

Sumber Daya Manusia (SDM) siswa-siswi SMK TI Bali Global Badung, semakin dipacu dalam mempersiapkan kebutuhan tenaga terampil di sektor Informasi dan Teknologi (IT) kedepannya.

SMK TI Bali Global Badung bekerjasama dengan PT Tera Data Indonusa Tbk (Axio), didukung Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali dalam menggelar Seminar Nasional 'Kewirausahaan Sekolah', Kamis (23/2/2023) di Aula ITB STIKOM Bali.

Kepala SMK TI Bali Global Dalung, Badung, I Made Indra Aribawa, SH., mengatakan kerjasama dengan PT Tera Data Indonusa Tbk (Axio) diharapkan para siswa-siswi dalam mengikuti Axioo Class Program (ACP). 

Siswa-siswi dilatih dan usai tamat sekolah telah memiliki kemampuan IT, cepat diserap di dunia kerja, dan mampu mengembangkan usaha atau industri.

"Bukan saja Semnas, kami SMK TI Bali Global Badung juga melakukan kerjasama berkaitan dengan kelas industri dengan pihak Axioo. Manfaatnya, tentu anak-anak kami dapat memiliki kompetensi yang unggul di sektor IT. Adanya kelas industri ini juga membuat tamatan SMK TI Bali Global Badung bisa terserap ke dunia kerja lebih cepat," paparnya.

Ia menambahkan PT Tera Data Indonusa Tbk (Axio) kedepannya link dan match atau penggalian kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja. Kemudian akan memberikan hasil terhadap pengenalan perusahaan, di mana dapat dikembangkan di lingkungan sekolah. Teknis perekrutannya akan dilakukan dengan menjaring siswa-siswi melalui peminatan.

"Siswa yang terpilih nanti berhak 36 orang itu mengikuti Axioo Class Program," tegasnya.

Kata Made Indra, kerjasama dengan PT Tera Data Indonusa Tbk (Axio), dalam mewujudkan Axioo Class Program ini akan menjadikan SMK TI Bali Global Badung lebih baik kedepannya.

"Harapannya, pelaksanaan di SMK TI Bali Global Badung menjadi lebih baik, di mana pengembangannya mengarah ke kelas industri dan bertujuan menyiapkan tenaga terampil sesuai kebutuhan industri, lewat program sinkronisasi kurikulum, workshop berkelanjutan bagi guru, pembelajaran berbasis IT, dan validasi bertaraf internasional," ucapnya.

Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan menuturkan Semnas ini untuk memberikan pemahaman lebih baik terhadap siswa-siswi dan siap bekerja di masa depan.

"Jadi saling berkaitan, antara SMK TI Bali Global Badung sebagai unit dari ITB STIKOM Bali. Program ini akan disebarluaskan ke SMK-SMK lainnya. Hal ini sebagai akselerasi untuk meningkatkan dunia usaha dan dunia industri, di mana nantinya anak-anak kita siap bekerja dan berwirausaha," tegasnya.

Senior VP Social Impact PT Tera Data Indonusa Tbk (Axio) Timmy Theopelus secara online mengatakan Axioo Class Program hadir untuk mengajak siswa-siswi memahami teknologi terbaru dan memanfaatkannya. Kemudian, disaat mereka mulai memasuki dunia kerja sudah siap dan memiliki keunggulan. 

"Saya memantau meski dari jauh kegiatan di SMK TI Bali Global Badung dan ITB STIKOM Bali, baik beragam pelatihan hingga robotic kepada siswa-siswi semuanya. Seminar dan pelatihan ini sangat penting, sebab dunia kini sudah berubah, dulunya perusahaan mendominasi di sektor minyak dan gas. Namun, 1 hingga 2 dekade terakhir ini dominasi ada di perusahaan IT. Kapitalisasinya IT, sudah mulai setara perusahaan minyak dan gas. Teknologi kini memegang peranan luar biasa di dunia," tegas Timmy.

Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si., Ak., C.A., mendukung program kerjasama dengan pihak PT Tera Data Indonusa Tbk (Axio) karena akan memberi manfaatkan bagi SDM siswa-siswi.

"Jadi ini juga menjadi bagian motivasi dan kerjasama bersama para kepala sekolah demi meningkatkan kualitas para siswa-siswinya," tandasnya. 

I Gede Agus Rai, S.Sn., M.Sn., selaku Sub Koordinator Unit Substansi Kurikulum dan Pembelajaran mewakili Kadis Pendidikan Provinsi Bali, mengapresiasi penyelenggaraan Semnas ini. Tentu dia berharap kemampuan kewirausahaan siswa-siswi SMK TI Bali Global Badung, makin meningkat dan berkualitas. Pihaknya sekaligus membuka Semnas, diikuti penandatangan MoU. 012


TAGS :