Peristiwa

Bazar Murah Digelar di Pasar Galang Ayu, Sambut Nyepi dan Bulan Ramadhan

 Rabu, 15 Maret 2023 | Dibaca: 540 Pengunjung

Suasana di Pasar Galang Ayu, Pemogan, Densel, sebagai salah satu pasar tradisional berkonsep modern, sekaligus titik lokasi menggelar Pasar Murah untuk masyarakat Bali, Rabu (15/3/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Momentum bazar pasar murah mulai tanggal 15-17 Maret 2023 di Pasar Galang Ayu, diselenggarakan untuk masyarakat luas menjelang Hari Raya Suci Nyepi Caka 1945, sekaligus menyambut bulan Ramadhan.

Pasar Galang Ayu berlokasi di Jalan Pulau Galang No. 9 Banjar Gunung, Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan, selama bazar pasar murah menjajakan aneka komoditi baik beras, minyak goreng curah, dan barang kebutuhan dapur lainnya secara harga terjangkau bagi masyarakat kecil.

Masyarakat sangat antusias saat diadakan pasar murah, karena dijual produk sembako dan kebutuhan pokok baik grosiran serta eceran dengan harga kompetitif, lantaran bekerja sama dengan CV Crystal yang bergerak di bidang distributor sembako di Bali.

"Kami memberikan voucher senilai Rp 10 ribu setiap minimal belanja Rp 50 ribu, jadi bisa dipotong langsung untuk berhemat. Kemudian, harga lebih miring sekitar seribu rupiah, ya masih bisa dibilang harga supplier, biarpun pasar murah produk tetap kualitas terjaga,” ucap Manajer Pasar Galang Ayu, I Komang Adnyana Sumitra, Rabu (15/3/2023).

Berbagai jenis tenant dalam bazar pasar murah menawarkan paket produk dengan harga spesial. Oleh sebab itu, Komang Adnyana kedepannya berencana akan mengadakan pasar murah untuk dapat lebih mendukung program pemerintah.

"Kami berkomitmen bersama CV Crystal setiap minggunya menggelar event pasar murah, momentum Hari Nyepi dan Ramadan. harapannya dengan adanya event ini masyarakat bisa lebih terbantu. Di sini harga sembako stabil, normal semua,” ucapnya.

Kini segera setelah setahun dibukanya Pasar Galang Ayu, memperoleh antusiasme tinggi dari masyarakat dan mendukung program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dari pihak manajemen Pasar Galang Ayu mempersiapkan fasilitas tempat lapak dan kios bagi pelaku UMKM untuk membuka usaha. Jadi kami masih memiliki kuota lapak 30 persen, khususnya pengisi lapak basah daging, ikan dan sayur mayur,” bebernya.

Kebutuhan terhadap sistem pembayaran online, kini Pasar Galang Ayu sebagai pasar tradisional bergaya modern, telah memanfaatkan pembayaran secara cashless menggunakan QRIS sesuai program pemerintah. Sehingga dalam waktu setahun, transaksi pasar mengalami peningkatan dan kelancaran.

Pasar Galang Ayu yang memiliki area parkir yang luas dan rapi, serta zona bermain anak-anak ini, dibuka pukul 04.00 Wita s.d. 22.00 Wita, lalu untuk food court mulai pukul 10.00 Wita s.d. 22.00 Wita.

"Sebab bilamana dicermati, soal pasar tradisional dibenak masyarakat kita kan masih terkenal kumuh dan becek. Tapi, di sini kami memiliki gagasan membuat pasar tradisional bertaraf modern, kami tunjukkan kenyamanan saat berbelanja di pasar, toiletnya juga bersih dan gratis," terang Komang Adnyana.

Diungkapkan Human Resource Capital CV Crystal, Irwadi bahwIa membuka 8 kios di Pasar Galang Ayu sebagai cabang ke 9 dari seluruh cabang di Bali dan Banyuwangi. Oleh karena itu, untuk mengembangkan pelaku UMKM dan masyarakat di Bali.

“Kami menilai Pasar Galang Ayu, memiliki opportunity untuk mengembangkan usaha kami, di mana kami ada tiga konsep cash and carry, wholesale, dan mart. Hal ini sesuai misi kami mengembangkan UMKM. Di sini sembako menjadi titik berat fundamental, seperti minyak goreng, beras, tepung, gula, kami buka 8 kios, 2 kios dedicate minyak curah, 3 kios grosir, dan 3 kios untuk Gudang,” kata Irwadi.

Sudah selama 15 tahun beroperasi, keberadaan CV Crystal telah rajin menggelar pasar murah bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan pemerintah setempat di sejumlah pasar di Bali.

“Komitmen kami sesuai kapasitas yang dibutuhkan pemerintah, kami pastikan ketersediaan kami ada 25 drum, 1 drum menyimpan 180 kilogram minyak, total ada 4500 kilogram. Jadi pasokan terus kami jaga salah satunya saat Nyepi dan Ramadan," demikian tutupnya. 012​​​


TAGS :