Peristiwa

Sambut HUT ke-3, Balsica Gelar Aksi Donor Darah Bertema Tetesan Darah Kemanusiaan

 Sabtu, 28 Januari 2023 | Dibaca: 282 Pengunjung

Suasana aksi kemanusiaan donor darah diselenggarakan Balsica menyambut HUT ke-3, pada 5 Februari 2023.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Acara donor darah digagas Bali Sigra Calya (Balsica) sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan, diselenggarakan di Wantilan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali, Sabtu (28/1/2023).

Donasi darah dalam upaya membantu ketersediaan kantong darah bagi Palang Merah Indonesia (PMI), oleh panitia Balsica diusung tema 'Tetesan Darah Kemanusiaan'. Donor darah ini terselenggara atas bantuan dari PMI Bali dan Pemprov Bali.

Menariknya, tidak saja agenda donor darah, Balsica juga membagikan nasi jinggo gratis di areal Jalan Niti Mandala Renon, sebanyak 200 bungkus. Masyarakat yang kebetulan melintas di areal Renon, juga tampak mengapresiasi pembagian sembako dari Balsica.

Menurut Ketua Panitia kegiatan donasi donor darah dari Balsica, Ngurah Wikan Nandi, momentum donor darah sebagai gerakan moral dan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Balsica, pada 5 Februari 2023.

“Kami menyebutnya sebagai gerakan moral karena moral adalah mahkota kemanusiaan dan dari moral itulah harkat, martabat, dan harga diri manusia memancar. Apalagi hanya manusia yang bermoral dan karena itulah rasa peduli sesama dengan mendonorkan darah menjadi kewajiban moral,” ujar Ngurah Wikan.

Ditambahkan Engka Sudarman selaku Sekretaris Panitia bahwa moralitas bertujuan menguatkan dan mempersatukan manusia di dalam kehidupan bermasyarakat. Aksi donor darah meningkatkan kepedulian sesama manusia, sekaligus membantu kebutuhan pasokan darah di PMI.

“Harapan kami, mudah-mudahan melalui donor darah kita dapat bersama-sama membangun hubungan yang harmonis, seperti pesan pawongan,“ tutup Engka. 012​​​​


TAGS :