Peristiwa

Koster Dorong Pengelola Pariwisata Gunakan Produk Lokal Bali

 Rabu, 18 Januari 2023 | Dibaca: 360 Pengunjung

KIRI ke Kanan; Mr. Oriol Montal, Mayjen TNI (Purn) Sang Nyoman Suwisma, Dewa Made Tirta, dan Mr. Vincent Guironnet.

www.mediabali.id, Denpasar. 
Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali, mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, karena dampaknya mulai dirasakan para petani, perajin, sampai ke dunia pariwisata.

Terbukti Gubernur Bali Koster menjadi inspirasi Marriott Internasional Indonesia dalam memanfaatkan produk lokal Bali. Koster dalam arahannya terhadap pelaku pariwisata di Bali, meminta dengan tegas sejahterakan petani dan perajin di Bali, yang sejalan dengan pesan Lontar Bhisama Batur Kelawasan yang memberikan tuntunan tentang hidup harus saling menghidupi, urip harus saling meng-uripi, dan harus dekat dengan alam.

Kepemimpinan Gubernur Koster, salah satunya mendapat pandangan dari Perwakilan Marriott International Indonesia, Mr. Oriol Montal sekaligus sebagai General Manager The Westin Resort Nusa Dua & Multi Property Vice President Marriott Bali Property.

Ia mengapresiasi kinerja Gubernur Koster karena sudah memberikan Marriot Internasional Indonesia, arahan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Bali, terutama masyarakat berprofesi petani dan perajin di Bali, dengan membeli produk lokal Bali sesuai pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali. Tercatat Marriott Internasional Indonesia yang telah memiliki 25 property di Bali, kini memiliki program yang disebut 360o.

“Program ini terus kami karyakan, di mana 8.000 hotel di seluruh dunia melakukan dukungan terhadap produk lokal. Atas hal itulah, Marriott Internasional Indonesia sangat terinspirasi dengan program Gubernur Koster yang berjuang menggunakan produk lokal Bali. Sehingga kami berjumpa dengan Bapak Gubernur Bali di bulan September Tahun 2021 dan mendengar langsung arahan dari Bapak Wayan Koster terkait hal apa yang harus dilakukan Marriot Internasional untuk mendukung kesejahteraan Pulau Bali,” terang Mr. Oriol Montal, Rabu (18/1/2023).

Selanjutnya, dua bulan pasca pertemuan, pihaknya membuat kesepakatan di Jayasabha, untuk perjanjian pertama Marriot Internasional Bali Property yang mendukung dan membeli produk Bali, seperti telur Bali, ayam Bali, dan garam Bali.

​​​​​Bahkan, 2 bulan kemudian Gubernur Koster kembali memberikan inspirasi, yaitu menawarkan Arak Bali. Marriot Internasional Bali Property lalu melakukan me-launching produk Arak Bali dengan bahan produk Arak Bali di The St. Regis Bali Resort. “Kami Marriott Internasional me-launching brand Arak Bali yang disebut 'by Bali for Bali'," kata Mr. Oriol. 

Di bulan Agustus, Marriot Internasional membeli produk lokal Bali, berupa sayuran dari Bali. Marriott Internasional berkomitmen mengedukasi dan berbagi pengalaman bagi tamu-tamu untuk menikmati makanan, khususnya minuman arak Bali, yang tersedia dalam menu official di seluruh hotel di Bali.

Marriot Internasional turut pula melakukan penjualan produk endek Bali, bekerjasama dengan UMKM di Bali atas bimbingan dari Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster. Sehingga, produk UMKM di Bali diharapkan dapat terjual di hotel-hotel milik Marriot Internasional.

Serupa diutarakan General Manager The Apurva Kempinski, Mr. Vincent Guironnet, ia mengapresiasi Pergub Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali, apabila sosok Gubernur Koster sangat intens berkomunikasi dengan The Apurva Kempinski untuk memanfaatkan produk lokal Bali

Bagi Mr. Vincent Guironnet, pemanfaatan produk lokal Bali yang telah dilakukan sebelumnya oleh Marriot Internasional Indonesia, juga saat ini diikuti The Apurva Kempinski dan fokus manfaatkan. Pihaknya amat senang dapat menggunakan Arak yang telah dikembangkan produknya, seperti dalam menu Cocktail Arak Bali.

“Jadi kami sangat peduli dan ikut berjuang dengan apa yang telah Bapak Wayan Koster ciptakan untuk Bali dan Indonesia. Hal ini sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat Bali. Jadi kebijakan Gubernur Bali mendapatkan dukungan penuh dari kami dan kami akan terus melakukannya hingga ke tahun-tahun berikutnya, terimakasih Gubernur Koster, selamat Tahun Baru 2023 untuk kita semua,” terang Mr. Vincent Guironnet.

Pandangan Presiden Komisaris GWK, Mayjen TNI (Purn) Sang Nyoman Suwisma memberikan rasa hormat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Koster, sebab produk Arak Bali telah ditetapkan menjadi pengetahuan tradisional pembuatan Arak Bali dan menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia serta telah mendapat Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Hal ini atas perhatian luar biasa Gubernur Koster yang dimulai dari keluarnya Pergub Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali, dalam memperkokoh pelindungan dan pemberdayaan Arak Bali, Gubernur Koster juga telah menetapkan Hari Arak Bali untuk diperingati setiap tahun pada tanggal 29 Januari. “Inilah alasan kami di Garuda Wisnu Kencana mengumandangkan Arak For The World, dengan tujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi Bali, salah satunya dengan mendukung kegiatan industri Arak Bali,” ucap Mayjen TNI (Purn) Sang Nyoman Suwisma.

​​​​​Sementara itu, Bendesa Madya MDA Kabupaten Klungkung Dewa Made Tirta turut mengapresiasi setinggi-tingginya kepemimpinan Gubernur Koster yang betul-betul totalitas memajukan Bali dan isinya melalui visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. 

Terbukti di puncak Presidensi G20 tanggal 15-16 November 2022, Gubernur Koster, mampu menunjukkan tenunan endek Bali menjadi dikenal dan dipergunakan oleh tamu yang tidak terbatas dari tamu lokal, tamu Indonesia, dan pemimpin di dunia. Seperti saat Gala Dinner Presidensi G20, semua delegasi dan pemimpin dunia menggunakan hasil tenunan Endek Bali. “Inilah sebagai bukti totalitas kepemimpinan Gubernur Bali kita, Bapak Wayan Koster terhadap Bali dan isinya,” pungkasnya. 012


TAGS :